Kompetensi Utama

Layanan


Teken Kerja Sama dengan BPS dan LAPAN, Djarot: Paket Lengkap
Penulis : Larissa Huda • Media : Tempo.co • 31 May 2017 • Dibaca : 11833 x ,

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menandatangani kesepakatan bersama dengan Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta Pelaksana. Tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menilai kerja sama antar dua lembaga itu dapat memperkuat sinergi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) dalam membuat perencanaan.

“Dengan kerja sama itu Pemprov DKI Jakarta akan mempunyai data soal dinamika sosial, ekonomi, dan politik dari masyarakat Jakarta,” kata Djarot di Balai Kota, Rabu, 31 Mei 2017. Data itu dinilai bisa memperkuat perencanaan pembangunan manusia.

Ditunjang informasi arah pembangunan kota, LAPAN bisa memberikan gambaran Jakarta dengan menggunakan citra satelit. "Dengan LAPAN kami bisa mengetahui persentase atau jumlah ruang terbuka hijau di Jakarta.”

Pemprov juga bisa memotret sedimentasi yang terjadi di teluk Jakarta,mengontrol situasi dan kondisi pergerakan transportasi. LAPAN bisa memotret dan memberikan data arus keluar masuk kendaraan dari Jakarta, termasuk dalam merencanakan sistem integrasi moda transportasi.

Menurut Djarot, Jakarta tengah membangun kota baru, salah satunya melalui pembenahan transportasi. Saat ini Pemprov Jakarta juga sedang mengembangkan transportasi massal, seperti Transjakarta, kereta api, Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, dan Light Rail Transit (LRT). "Dengan begitu, kami bisa memantapkan sistem transportasi yang terintegrasi."

Kerja sama dengan LAPAN juga diharapkan bisa membantu para nelayan. Lembaga itu bisa membantu membuat peta persebaran ikan di sepanjang laut Jakarta. Termasuk informasi detail di mana ikan itu berkumpul. Untuk memudahkan nelayan dalam mencari ikan. “Dua basis utama data ini sangat dibutuhkan bagi pembangunan Jakarta ke depan."



Sumber :https://metro.tempo.co/read/news/2017/05/31/083880204/teken-kerja-sama-dengan-bps-dan-lapan-djarot-paket-lengkap








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL