Kompetensi Utama

Layanan


Punya Data BPS dan Lapan, Djarot: Jangan Menyontek Program Lama
Penulis : Larissa Huda • Media : Suara.com • 31 May 2017 • Dibaca : 12288 x ,

TEMPO.CO, Jakarta – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) bisa membuat program, kegiatan, atau kebijakan berdasarkan data terbaru. “Jangan lagi kita selalu copy-paste dari kegiatan yang lama,” ujar Djarot di Balai Kota, Rabu, 31 Mei 2017.

Ia mencontohkan, dari BPS, bisa didapatkan data bulanan, semesteran, hingga tahunan. “Kami (bisa) minta data seperti apa (saja),” katanya.

Djarot menyayangkan masih banyak SKPD yang hanya menyalin data lama setiap kali membuat perencanaan baru. Padahal, menurut dia, selalu ada pergerakan yang sangat dinamis di Jakarta sehingga program yang direncanakan beberapa kali tidak relevan dan tidak tepat sasaran.

Melalui data BPS, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa melihat potensi sumber daya manusia atau orang di Jakarta. Pemprov DKI bisa mengetahui data melalui sensus, survei tentang kondisi ekonomi masyarakat, angka kesehatan, sensus ekonomi, dan sebagainya.

Sedangkan dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Pemerintah Provinsi akan terbantu dengan pemantauan potensi sumber daya alam atau lingkungan di Jakarta lewat citra satelit dari udara. Djarot juga mengatakan pihaknya bisa mengetahui dan mengontrol situasi dan kondisi pergerakan transportasi di Jakarta untuk mengembangkan sistem transportasi terintegrasi dengan wilayah sekitarnya.

”Data sangat penting.” Ia meminta kerja sama ini bisa memanfaatkan data yang sudah dikerjakan oleh BPS ataupun pemanfaatan teknologi dan ilmu pengetahuan yang dikerjakan Lapan.

Djarot berharap kerja sama dengan BPS dan Lapan bisa memperkuat perencanaan dan pembangunan di Jakarta. Selain itu, ia berharap perjanjian tak hanya sebatas tanda tangan hitam di atas putih, tapi juga bisa terealisasi dengan baik.

Penandatangan kerja sama itu juga dihadiri oleh Kepala Lapan Thomas Djamaluddin dan Kepala BPS DKI Thoman Pardosi. Kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI dan Lapan ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama. Sedangkan kerja sama dengan BPS DKI ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama.



Sumber : https://metro.tempo.co/read/news/2017/05/31/214880254/punya-data-bps-dan-lapan-djarot-jangan-menyontek-program-lama








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL