Kompetensi Utama

Layanan


Djarot kerja sama dengan BPS dan LAPAN wujudkan Jakarta baru
Penulis : Sania Mashabi • Media : merdeka.com • 31 May 2017 • Dibaca : 11245 x ,



Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), untuk memperkuat basis perencanaan.

"Kerja sama enggak cuma sekadar tanda tangan, tapi pemanfaatan data dan teknologi dan Iptek. Ini memperkuat basis perencanaan kita sehingga mewujudkan Jakarta yang baru," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (31/5).

Mantan Wali Kota Blitar ini menjelaskan bahwa kerja sama dengan BPS akan membantu melihat potensi SDM di Jakarta melalui data. Sedangkan LAPAN berguna melihat potensi lingkungan beserta pencemaran melalui satelit.

"BPS lebih menjurus untuk melihat bagaimana potensi dari orangnya dari sumber daya manusia yang ada di Jakarta. LAPAN dia akan memantau melihat potensi sumber daya alam dan lingkungan dari udara sehingga bisa diketahui berapa jumlah ruang terbuka hijau di Jakarta. Kemudian tentang potensi pencemaran itu juga bisa diketahui sampai detail melalui satelit," ungkapnya.

Kerja sama ini juga dilakukan sebab pemprov masih sering meremehkan pentingnya penggunaan data dalam perencanaan program untuk DKI. Pemprov masih sering menggunakan data lama.

"Persoalannya sering kali kita meremehkan data faktual dalam perencanaan karena selalu terjebak membuat perencanaan terkait program masa lalu. Itu di-copy paste. Padahal ada pergerakan. Masyarakat dan lingkungan itu dinamis. Saya minta tolong ketika buat program janganlah selalu copy paste tapi berdasarkan data yang valid, data yang terkini," pungkasnya Djarot. [cob]



Sumber : https://www.merdeka.com/jakarta/djarot-kerja-sama-dengan-bps-dan-lapan-wujudkan-jakarta-baru.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL