Kompetensi Utama

Layanan


Djarot: Hindari Copas Data Rencana dan Pembangunan Kota
Penulis : julian/sir • Media : poskotanews.com • 31 May 2017 • Dibaca : 3825 x ,

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) serta Badan Pusat Statistik (BPS) DKI menjalin kerjasama terkait penyediaan data seputar DKI Jakarta. Data dari dua institusi itu akan dijadikan dasar untuk perencanaan arah pembangunan ibukota.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menerangkan kerja sama dengan Lapan dan BPS DKI juga bertujuan agar data yang dikumpulkan akurat dan valid. Dia tak mau perencanaan dan arah pembangunan Kota Jakarta disusun hanya menyadur data tahun lalu atau copy paste [copas].

“Sering kali kita meremehkan data faktual dalam merencanakan pembangunan. Biasanya kita copy paste dari tahun-tahun sebelumnya. Padahal pergerakan manusia dan lingkungan itu dinamis, sehingga data yang dihasilkan pun dinamis, tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Djarot, di sela-sela Penandatangan Kesepakatan Bersama Antara Pemprov DKI Jakarta dengan Lapan dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan BPS DKI, di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Terkait kerja sama ini, Djarot pun langsung memerintahkan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) DKI, Tuty Kusumawati untuk menggunakan data yang dihasilkan Lapan dan BPS DKI dalam pembuatan program dan kebijakan pembangunan Kota Jakarta.

“Saya minta Bu Tuty dalam membuat program dan kebijakan pembangunan jangan copy paste datanya. Tapi berdasarkan data yang valid, akurat dan tajam. Gunakan data dari Lapan dan BPS DKI untuk buat perencanaan pembangunan Jakarta. Data ini sangat diperlukan Bappeda dan SKPD terkait lainnya,” ucapnya.

Mantan Walikota Blitar ini pun meminta kolaborasi dengan kedua lembaga tersebut tidak hanya sampai pada proses penandatanganan perjanjian kerja sama saja. Namun harus dilakukan pemanfaatan data untuk memperkuat basis data perencanaan pembangunan Jakarta.

“Perjanjian kerja sama ini lengkap ya. Saya katakan lengkap, di satu sisi kita kerja sama dengan BPS, artinya kita punya data dinamika sosial ekonomi, termasuk politik dari penduduk Jakarta. Yang kedua ditunjang oleh Lapan yang memberikan gambaran potensi yang dimiliki oleh Jakarta. Termasuk memberikan informasi arah pembangunan Kota Jakarta ke depan,” imbuhnya.
Seperti dalam mencari tahu prosentasi ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta, memotret sedimentasi di Teluk Jakarta serta situasi dan kondisi arus transportasi di Jakarta, sampai detail area tangkapan ikan untuk memudahkan nelayan untuk mencari ikan.

Bukan cuma itu, data arus keluar masuk kendaraan ke Jakarta juga dapat membantu Pemprov DKI merancang sistem transportasi dengan mengintegrasikan semua moda transportasi. Di antaranya, commuter line, MRT, LRT dan BRT.

“Ini nanti akan terintegrasikan. Lapan sebenarnya bisa memberikan gambaran data bagaimana dari atas terkait keluar masuknya kendaraan. Termasuk juga pemanfaatan kita punya pelabuhan, kendaraan besar. Dengan cara seperti itu kita bisa memantapkan sistem transportasi terintegrasi,” tuntasnya.



Sumber : http://poskotanews.com/2017/05/31/djarot-hindari-copas-data-rencana-dan-pembangunan-kota/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL