Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Dukung Program Manado CERDAS dengan Sistem Pemantauan Bumi
Penulis Berita : Humas/Ita • Fotografer : Dok. Humas Pemkot Manado • 14 Jul 2017 • Dibaca : 362 x ,

Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut dan Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti saat melakukan penandatanganan naskah PKS

LAPAN menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Manado terkait pemanfaatan data dan teknologi penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan di Kota Manado. Naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) ditandatangani oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti dan Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut. Seremonial penandatanganan tersebut disaksikan langsung Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Walikota Manado, Jumat (14/07), dalam rangkaian acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Manado. Acara diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-394 Kota Manado. Turut hadir pula pimpinan DPRD Kota Manado, pimpinan TNI/Polri, seluruh perangkat daerah Kota Manado, serta perwakilan instansi mitra pemerintah Kota Manado.

PKS ini merupakan implementasi dari Nota Kesepahaman antara LAPAN dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah ditandatangani pada tahun 2016. Kerja sama tersebut merupakan dukungan dan kontribusi LAPAN dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Pemerintah Daerah.

Walikota dan Wakil Walikota Manado dalam menjalankan pemerintahannya memiliki program Manado CERDAS yaitu Cendekia, Ekowisata, Religi, Daya saing, Aman damai, Sehat sejahtera. Dalam upaya mencapai Manado CERDAS, Pemkot Manado membangun Data Center dan CERDAS Command Center.

Melalui kerja sama ini, LAPAN akan mengintegrasi Sistem Pemantauan Bumi yang telah dibangun LAPAN dengan CERDAS Command Center milik Pemkot Manado. Hal tersebut untuk memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat Manado. Sistem Pemantauan Bumi yang akan dikoneksikan melalui server to server, akan diperbaharui secara berkala.

Selain itu untuk mendukung keberlangsungan pengoperasian sistem serta aplikasi data penginderaan jauh, maka melalu kerja sama ini ASN Manado yang kompeten akan dilatih oleh LAPAN. Sehingga mereka dapat mengolah data secara mandiri.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL