Kompetensi Utama

Layanan


Regulasi Teknis Dukung Tercapainya Layanan TIK LAPAN
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/Sgd • 19 Jul 2017 • Dibaca : 2931 x ,

Direktur Pengolah dan Penyedia Informasi Kemkominfo, Siti Meiningsih saat memaparkan terkait Humas Pemerintah di hadapan peserta sosialisasi dan distek TIK LAPAN di Bogor

Rabu (19/07), berlangsung sosialisasi dan diskusi teknis penyusunan regulasi teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Hotel 101 Bogor, Jawa Barat. Acara yang berlangsung pada tanggal 19-21 Juli ini digagas Pusat Teknologi Informasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa (Pustispan). Kegiatan tersebut dalam upaya pengembangan pengelolaan regulasi Teknologi Informasi (TI) dan penyediaan informasi LAPAN. 

Kepala Pustispan, Chusnul Tri Judianto menyampaikan, TI LAPAN sudah sangat serius untuk dikembangkan. “Tanpa TI, kita tidak bisa berbuat apapun,” ujarnya. Sementara, menurutnya, hal yang paling penting dalam TI adalah regulasi. Maka, sudah menjadi tugas Pustispan, dengan mengajak seluruh pihak secara bersama, mengatur TI LAPAN secara benar.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Standar Penerbangan dan Antariksa, Adhi Pratomo mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan satuan kerja di lingkungan LAPAN. Mereka menyimak pemaparan narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkomifo), Kementerian Keuangan (Kemkeu), Badan Pusat Statistik (BPS), dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). 

Beberapa materi yang dipaparkan antara lain terkait prosedur pengolahan dan penyediaan informasi, kebijakan dan implementasi regulasi TI, pengelolaan infrastruktur dan situs web, serta kebijakan dan implementasi TIK. 

Salah satu pemaparan yaitu kebijakan dan prosedur pengolahan dan penyediaan informasi disampaikan Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi Kemkominfo, Siti Meiningsih. Peserta diberikan pengantar terkait pengelolaan informasi yang dilaksanakan oleh Humas Pemerintah, disebut dengan Government Public Relations (GPR). 

Menurutnya, warna negara mempunyai hak untuk memperoleh informasi dari pemerintah. Informasi tersebut mempunyai misi menyentuh kepentingan masyarakat, sebab untuk meraih kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Humas Pemerintah juga penting untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Perannya juga penting dengan meningkatkan media literasi.

Untuk itu, perlu diwujudkan bagaimana pengaturan sistem komunikasi, pembangunan infrastruktur komunikasi, sampai dengan mengomunikasikan kepada publik. Untuk melaksanakan itu, butuh regulasi pendukung untuk menciptakan sistem komunikasi, seperti UU Pers, UU ITE, dan UU KIP.

Di hari terakhir kegiatan, akan diselenggarakan evaluasi keberterimaan informasi regulasi TIK instansi pemerintah, serta penyampaian terkait penyusunan kebijakan TIK LAPAN. Meliputi antara lain aplikasi, infrastruktur, dan tata kelola TIK. Di akhir acara akan disusun rekomendasi dan rencana tindak lanjut terhadap pengembangan pengelolaan TIK. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL