Kompetensi Utama

Layanan


Beracun dan Menimbulkan Efek Gatal, Begini Rencana Teknis Pengiriman Benda Langit dari Agam ke LAPAN Pusat
Penulis : HS/Oneal • Media : halosumbar.com • 19 Jul 2017 • Dibaca : 3941 x ,

HaloSumbar.com – Jatuhnya benda langit di Sungaibatang, Kecamatan Tanjungraya, Agam Selasa kemarin (18/7), masih menyisakan misteri. Bagaimana rencana teknis pengiriman benda yang diduga roket Tiongkok itu?

Serahterima antara kepolisian setempat dengan Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Agam pun selesai.


“Kini, BPAA Agam sedang berkoordinasi dengan pusat sains antariksa LAPAN Bandung untuk tindakan lebih lanjut,” kata Kepala BPAA LAPAN Agam, Syafrijon, Rabu (19/7).

“Saat ini kami sedang melakukan packing dan terus berkoordinasi. Selambat-lambatnya akan dikirim besok,” tambah dia.

Ditanyakan apakah ada kekawatiran terhadap benda itu terkait keamanannya, Syafrijon menjawab perlu adanya kewaspadaan.

“LAPAN menjadikannya sebagai bahan kajian sampah antariksa. Kalau diperlukan bisa disampaikan juga dalam laporan kepada negara pemilik atau dalam forum PBB,” kata dia.

Menurutnya, jika temuan benda langit berasal dari sampah roket, umumnya tidak mengandung bahan nuklir. Jadi aman. Kendati demikian, kandungan Hydrazin dalam isi kendi itu merupakan bahan beracun, untungnya tabung sudah kosong.

“Jadi secara umum tabung tersebut aman. Dengan pengangkutan wajar, tabung itu aman. Namun sering kali ada efek gatal bila terkena kulit. Jadi sebaiknya mengangkutnya menggunakan sarung tangan,” pungkas Syafrijon.

Sebelumnya diberitakan http://www.halosumbar.com/2017/07/18/benda-misterius-giant-ufo-maninjau/ warga di tepian Danau Maninjau dikagetkan oleh jatuhnya benda misterius dari langit.

Benda berbentuk kendi dengan berat mencapai 7,4 kilogram itu tiba-tiba menghantam jalan raya dan menimbulkan bunyi dahsyat.

Persitiwa aneh itu terjadi persis di depan Kantor Pos Jorong Kubu, Nagari Sungaibatang, Kecamatan Tanjungraya, Selasa (18/7) sekitar pukul 09.30 WIB.

Kendi berbentuk lonjong dengan diameter 110 cm x 55 cm ini langsung dikerumuni warga sekitar lokasi kejadian. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.


Sumber : http://www.halosumbar.com/2017/07/19/pengiriman-benda-langit-dari-agam-ke-lapan-pusat/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL