Kompetensi Utama

Layanan


Kendi Misterius yang Jatuh dari Langit Maninjau, Bakal Diboyong ke Bandung
Penulis : HS/LH • Media : halosumbar.com • 19 Jul 2017 • Dibaca : 12272 x ,

HaloSumbar.com- Kendi misterius dengan berat mencapai 7,4 kilogram yang jatuh dari langit dan mengejutkan warga tepian Danau Maninjau, Selasa pagi (18/7), akan diboyong Bandung, Jawa Barat. Persisnya ke Pusat Sains Antariksa milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Informasi akan dikirimnya kendi misterius yang jatuh di depan Kantor Pos Jorong Kubu, Nagari Sungaibatang, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam ke Bandung disampaikan Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Lapan Agam, Syafrijon kepada HaloSumbar, Rabu pagi (19/7).

“Paling lambat, besok sudah harus dikirim, kini sedang kami packing,” ujarnya.

Syafrijon menyebut, sedang berkordinasi dengan Pusat Sains Antariksa Lapan Bandung untuk teknis pengiriman benda yang diyakini bagian tabung bahan bakar roket RRT Longmach/Chang-Zheng 3.

Roket milik Tiongkok itu sepuluh tahun lalu atau 13 April 2007, digunakan untuk meluncurkan satelit navigasi Beidou M1.

“Kita sedang berkoordinasi dengan pusat sains antariksa Lapan Bandung, untuk tindakan lebih lanjutnya. Untuk sampah roket, umumnya tidak mengandung bahan nuklir,” kata Syafrijon.

Dia mengakui hydrazin yang terdapat dalam tabung bahan bakar setiap roket, memang merupakan bahan beracun. Tapi tabung yang jatuh dari langit Maninjau dan sempat diamankan polisi hingga akhirnya diserahkan ke Lapan, merupakan tabung yang sudah kosong.

“Jadi secara umum, tabung tersebut aman. Dengan pengangkutan wajar, tabung itu aman. Namun sering kali ada efek gatal bila terkena kulit. Jadi sebaiknya mengangkutnya menggunakan sarung tangan,” kata Syafrijon.

Pria yang biasa berkantor di Palupuah, Agam ini memastikan. Lapan akan menjadikan bagian tabung bahan bakar roket RRT Longmach/Chang-Zheng 3 itu sebagai bahan kajian sampah antariksa.

“Kalau diperlukan, bisa disampaikan juga dalam laporan kepad anegara pemilik atau dalam forum PBB,” ujarnya.


Sumber : http://www.halosumbar.com/2017/07/19/kendi-misterius-dibawa-ke-bandung/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL