Kompetensi Utama

Layanan


Workshop Komurindo - Kombat 2017 Mempertajam Pemahaman Mahasiswa
Penulis Berita : Humas/Zk • Fotografer : Humas/Zk • 20 Jul 2017 • Dibaca : 18263 x ,

Peserta Komurindo-Kombat 2017 kategori Kombat berfoto bersama dengan Panitia saat kegiatan workshop di Kantor Pustekbang LAPAN, Rumpin, Bogor.

Agenda nasional tahunan penyelenggaraan Komurindo-Kombat 2017 telah diawali dengan workshop di Ruang Auditorium Pusat Teknologi Penerbangan, Kantor LAPAN Rumpin, Bogor, Rabu (19/07). Kegiatan berlangsung selama tiga hari, dengan masing-masing diisi berdasarkan tiga kategori perlombaan, yaitu muatan roket, muatan balon, dan wahana sistem kendali.

Kepala Biro Kerja Sama, Humas, dan Umum (KSHU), Christianus R. Dewanto, selaku Ketua Panitia Komurindo-Kombat 2017 mengatakan, kualitas pelaksaaan dan kuantitas peserta kegiatan Komorindo-Kombat setiap tahun terus meningkat. Hal ini juga akan meningkatkan kompetisi dan persaingan yang positif karena pengetahuan para peserta semakin lama semakin membaik. Lebih lanjut, ia menambahkan, kesempatan workshop ini dapat dimanfaatkan para mahasiswa untuk bertukar informasi dan pengetahuan terkait kegiatan perlombaan.

Di samping itu, menurutnya, keberhasilan penyelenggaraan workshop Komurindo-Kombat tidak lepas dari hasil sosialisasi yang di lakukan Biro KSHU, khususnya Sub Bagian Edukasi Publik ke beberapa Universitas di Indonesia. Sosialisasi yang sudah dilaksanakan antara lain di Kampus Universitas Hasanuddin (Makassar), Universitas Tanjung Pura (Pontianak), Universitas Sumatra Utara (Medan), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). 

Persiapan Komurindo-Kombat sudah dimulai sejak Februari 2017, dengan pengumuman pelaksanaan Komurindo-Kombat 2017 secara online. 

Pada pelaksanaan workshop hari pertama diisi dengan kategori Kombat. Pada kategori ini proposal yang masuk ke panitia sejumlah 30 tim. Setelah dilakukan seleksi, proposal yang lolos tahap pertama sejumlah 27 tim. Kemudian pada seleksi tahap kedua berhasil lolos 16 tim. Mereka adalah Jayapala Ganesha (ITB), Alektrona (Universitas Brawijaya), Kasuari Aptrg (Telkom University), Atom Fuge's (Universitas Gunadarma), STMK Aero Alpha (STMKG), ERG-SAT-XVII (UNIKOM), Avia-Sphere (Politeknik Negeri Medan), Polibatam Radiosonde Team - POLAR (Politeknik Negeri Batam), DDATT ( Universitas Negeri Surabaya), Aksa Makara (Universitas Indonesia), Srikandi UNM (Universitas Negeri Makassar), CHONG-TEUS (Universitas Surabaya), Mr. Cilindro (UMY), EE-TRU B-1 (Universitas Trunojoyo Madura), EEPISky-Balloon04 (Politeknik Elektronik Negeri Surabaya), dan Krakatau NR ( Universitas Teknokrat Indonesia).

Usai workshop, peserta mendapat kesempatan melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas dan laboratorium yang ada di lingkungan Pustekbang, antara lain Ruang Kendali Satelit LAPAN, Laboratorium Aerodinamika, Laboratorium Aerostruktur dan Manufaktur LSU.

Panitia Pelaksanaan Kombat, Adi Witono mengatakan, "Panitia memberi dorongan moril dan mengharapkan kepada para peserta untuk berkompetisi secara sehat, serta mempersiapkan kerja tim yang lebih bagus agar dapat maju sampai ke babak final”. Sedangkan Kepala Bagian Humas, Jasyanto menjelaskan profil LAPAN yang mencakup empat kompetensi utama LAPAN. Ia juga menyampaikan, kegiatan Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari KebangkitanTeknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 dengan puncak acara akan diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus di Makassar. 

Kegiatan Workshop KOMBAT 2017 mengusung tema Observasi Profil Vertikal Atmosfer dan Gas Rumah Kaca. Adapun penjelasan teknis yang diberikan kepada peserta yaitu pembagian frekuensi, presentasi, dan diskusi. Kegiatan tersebut dipandu oleh Dr. Endra Pitiwarno, Dr. Didi Setiadi, Dr. Laras Tursilawati, dan Somi Aulia Rahayu. 

Kegiatan KOMURINDO-KOMBAT 2017 dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasionalisme mahasiswa dan masyarakat tentang pentingnya menjaga martabat dan kedaulatan dirgantara NKRI, melalui penguasaan teknologi penerbangan dan antaraiksa, khususnya roket. Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk memperpendek jarak perbedaan penguasaan iptek penerbangan dan antariksa serta dapat memperluas penyebarannya di kalangan perguruan tinggi seluruh Indonesia.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL