Kompetensi Utama

Layanan


Workshop Sebagai Sarana Persiapan Teknis Peserta Komurindo-Kombat 2017
Penulis Berita : Humas/Zk • Fotografer : Humas/Zk • 21 Jul 2017 • Dibaca : 7228 x ,

Kepala Bagian Humas, Jasyanto menjelaskan perkembangan pelaksanaan kompetisi setiap tahunnya di hadapan peserta Komurindo-Kombat 2017

Workshop Komurindo-Kombat 2017 memasuki hari ke-3, dengan agenda terakhir pembahasan muatan roket. Kepala Pusat Teknologi Roket (Pustekroket), Sutrisno membuka acara di Ruang Auditorium Pusat Teknologi Penerbangan, Kantor LAPAN Rumpin, Bogor, Jumat (21/07). Sutrisno berharap, workshop kali ini dapat membangkitkan semangat para peserta, turut memikirkan kemajuan dan kemandirian teknologi antariksa, khususnya bidang teknologi roket. 

LAPAN sendiri telah melakukan penelitian dan pengembangan Roket Uji Muatan (RUM) sejak 2007. Kemajuannya kini, tercapainya kecepatan 9 G. Kemajuan tersebut dapat memotivasi para peserta untuk menekuni teknologi roket. “Mudah-mudahan para peserta mendapat manfaat sebesar-besarnya dari penyelenggaran workshop untuk kemajuan teknologi roket nasional,” harapnya.

Kepala Bagian Humas, Jasyanto menjelaskan pelaksanaan kegiatan Komurindo-Kombat hingga saat ini. Tahun ini peserta Komurindo dan Kombat berjumlah 61 tim, terdiri dari 16 tim Muatan Balon Atmosfer, 25 tim Wahana Sistem Kendali, dan dan 20 tim Muatan Roket 20 tim. Kegiatan Komurindo telah dimulai sejak 2007, sedangkan Kombat dimulai pada 2013. 

Workshop dilaksanakan untuk memberikan gambaran terhadap muatan yang akan dibawa roket pada saat perlombaan. Kegiatan ini menjadi batu pijakan peserta dalam mempersiapkan diri secara teknis di dalam menghadapi kegiatan kompetisi di lapangan nantinya. Kompetisi itu sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 22-25 Agustus di LAPAN Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Jumlah peserta Komurindo dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Bahkan semakin bertambah perguruan tinggi di Indonesia yang turut berpartisipasi. Semula hanya didominasi mahasiswa dari Pulau Jawa saja, kini sudah banyak dari luar Pulau Jawa. 

Peserta di hari terakhir ini memperoleh pengarahan dan pembekalan materi oleh Ketua Tim Juri, Dr. Arif Nur Hakim tentang pengembangan teknologi roket LAPAN, serta anggota tim juri yaitu Dr. Indrawanto menjelaskan tentang sumpling, Yudho Agung Nugroho memaparkan Roket Komurindo, dan Hermayudhi Irwanto menjelaskan pelaksanaan kompetisi. Selanjutnya presentasi masing-masing peserta dan diskusi teknis yang dipandu tim penilai.

Workshop secara resmi ditutup Kepala Bagian Diseminasi Pustekroket, Lilis Mariani. Ia berharap agar para peserta dapat melaksanakan kegiatan Komurindo-Kombat 2017 dengan penuh tanggung jawab dan mengikuti semua ketentuan teknis yang sudah ditetapkan panitia. “Semoga peserta kali ini bertambah kreatif, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi antariksa,” ucapnya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL