Kompetensi Utama

Layanan


Bimtek Sistem Informasi Pemantauan Komunikasi Jarak Jauh Berbasis Radio HF untuk Stakeholder di Pontianak
Penulis Berita : Humas/Suparman-Miswari • Fotografer : Humas/Suparman • 24 Jul 2017 • Dibaca : 6215 x ,

Peserta Bimtek Sistem Informasi Pemantauan Komunikasi Jarak Jauh Berbasis Radio UHF sedang melakukan praktek lapangan di halaman Kantor LAPAN Pontianak

LAPAN menyelenggarakan bimbingan teknis sistem pemantauan komunikasi jarak jauh berbasis radio HF pada tanggal 24-25 Juli di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Pontianak, biasa disebut LAPAN Pontianak. 

Kegiatan ini diikuti segenap stakeholder di lingkungan BPBD Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Basarnas, Direktorat Kepolisian Perairan Polda Kalbar,Balitbang Provinsi Kalbar, Bappeda Kota Pontianak, FMIPA Universitas Tanjungpura, IAIN Pontianak, UIN Wali Songo Semarang, Kemkominfo Provinsi Kalbar, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar.

Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman terkait pengamatan antariksa dalam bentuk komunikasi jarak jauh berbasis Radio HF. Tujuan lainnya untuk lebih mengenalkan LAPAN, khususnya LAPAN Pontianak, di mata masyarakat.

Melalui sambutan pembukaan, Kepala Pusat Sains Antariksa (Pussainsa), Clara Yono Yatini, mengatakan, LAPAN Pontianak menjadi balai pengamatan antariksa yang menghasilkan data penelitian di Pussainsa. Ia berharap, bimtek tersebut menjadi wawasan peserta tentang data ionosfer yang dapat dimanfaatkan. Manfaatnya antara lain untuk prediksi komunikasi HF. Selain itu juga bisa memanfaatkan data-data riset lainnya. 

Kepala Pussainsa juga menjelaskan profil dan kompetensi utama LAPAN. LAPAN juga mempunyai sistem pendukung keputusan, dikenal dengan istilah Decision Supporting System (DSS) yang dimanfaatkan untuk kepentingan kemaritiman. Clara juga menceritakan gambaran umum sistem dan teknologi informasi cuaca Antariksa dan iklim yang menjadi bagian dari riset LAPAN. 

Untuk itu, ia berharap agar LAPAN Pontianak bisa menjadi front office sebagai perpanjangan tangan LAPAN di Pontianak dan sekitarnya, sehingga memberikan konstribusi nyata terhadap layanan kepada masyarakat di daerah tersebut. 

Pada kesempatan ini, kegiatan bimtek diisi oleh Peneliti Pussainsa, Varuliantor Dear yang menyampaikan tema pengenalan cuaca antariksa dan telekomunikasi radio HF. Selanjutnya, Hadi Rasidi mengenalkan edukasi teleskop dan demo pengamatan matahari di halaman Gedung LAPAN Pontianak.

Peserta juga dikenalkan pada peralatan pengamatan komunikasi radio HF dan manfaatnya. Diskusi dan tanya jawab berlangsung cukup aktif sehingga membangun suasana kegiatan nampak intensif.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL