Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Agam: Itu Bukan Sampah Angkasa, Tapi Gas Buang Pesawat
Penulis : Agusmanto • Media : klikpositif.com • 25 Jul 2017 • Dibaca : 3394 x ,

"Awalnya, pergerakan yang cukup lambat menurutnya diprediksi sebagai sampah antariksa"

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Terkait adanya laporan benda asing yang terlihat di Payakumbuh, Selasa 25 Juli 2017, pada pukul 06.30 WIB, Kepala BPAA Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Agam, Syafrijon langsung melaporkan kepada peneliti di Jakarta.

Laporan ini berasal dari warga Payakumbuh yang melihat benda asing seperti jatuh dari langit. Awalnya, pergerakan yang cukup lambat menurutnya diprediksi sebagai sampah antariksa.

Setelah mendapatkan hasil dari Jakarta, Syafrijon menjelaskan bahwa benda asing yang diduga sampah luar angkasa ini bukanlah seperti yang ditemukan beberapa waktu lalu di Maninjau atau di Koto Tinggi, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kepada KLIKPOSITIF, dia mengatakan bahwa benda tersebut merupakan jejak gas buang pesawat. "Bukan sampah luar angkasa, tapi itu pesawat terbang. Jejak gas buangnya yang memantulkan cahaya matahari di ufuk," ujar Syafrijon menjelaskan hasil analisa benda asing tersebut.

Saat ini, pihaknya selalu melakukan pemantauan baik menggunakan data LAPAN sendiri maupun data dari berbagai negara dan menginformasikan secara dini jika terpantau sampah atau benda antariksa yang masuk wilayahnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati apabila melihat atau menemukan benda jatuh dari antariksa ini. "Mengimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati menyentuh benda jatuh dari antariksa dan melaporkan segera jika mengetahui ada kejadian seperti ini," tutup Syafrijon.


Sumber : http://news.klikpositif.com/baca/17273/lapan-agam--itu-bukan-sampah-angkasa--tapi-gas-buang-pesawat








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL