Kompetensi Utama

Layanan


Komurindo Dan Kombat Tahun 2017 Sukses Digelar, Wabup Berharap Tahun Depan Penyelenggaraannya Lebih Semarak
Penulis : Asep Ahmad • Media : logikanews.com • 25 Aug 2017 • Dibaca : 8603 x ,

GARUT (LOGIKA) – Komurindo adalah kompetisi tahunan rancang bangun muatan roket dan roket EDF tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan sejak 2009. Dalam ajang ini, para mahasiswa ditantang untuk membangun suatu sistem monitoring dan pengukuran yang stabil, akurat dan presisi di bidang peroketan.

Selain itu, mahasiswa juga belajar membangun roket EDF. Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun serta pengujian roket dan muatannya. Kompetisi ini sekaligus meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam teknologi penginderaan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket.

Kombat adalah kompetisi untuk mengamati atmosfer dari permukaan bumi dengan menggunakan balon sonde atau radiosonde. Balon sonde tersebut akan memberikan informasi mengenai parameter-parameter atmosfer seperti tekanan udara, temperatur, dan kelembaban. Observasi mengenai kondisi atmosfer ini merupakan satu instrumen penting dalam berbagai berbagai penelitian di bidang terkait cuaca dan iklim. Kompetisi tahunan ini berlangsung sejak 2014.

Tahun 2017 Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) untuk mahasiswa di seluruh Indonesia, di Landasan Udara, Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (24/8/2017).

Acara tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai universitas se-Indonesia yang didampingi oleh dosen dan pendampingnya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Garut, H Helmi Budiman yang mewakili Bupati Kabupaten Garut, H Rudy Gunawan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Garut, Karnoto serta Kepala LAPAN Prof DR, Thomas Djamaluddin, Danlanud TNI AU Husein Sastra Negara Bandung Kolonel PNB M Iman Handoyo, Forkopimda Kabupaten Garut, Kepala Sekolah di lingkungan Pemkab Garut dan Kepala Balai SMA /SMK wilayah VI Priangan Timur.

Acara ini semakin semarak karena dihadiri ratusan siswa sekolah dari berbagai tingkatan yang didampingi oleh sebagian pengajarnya, serta jajaran dari Dinas Pendidikan serta MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah). Para pelajar yang hadir nampak antusias menyaksikan acara yang berlangsung setiap tahun tersebut.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, tekhnologi yang digunakan merupakan tekhnologi canggih. Bahkan dirinya pun tidak mengetahui alat apa yang digunakan. Namun yang pasti, sebagai unsur pimpinan daerah di Kabupaten Garut dia merasa senang karena Kabupaten Garut dijadikan sebagai lokasi untuk pelaksanaan event penting berskala nasional.

“Alhamdulillah jumlah peserta maupun penonton yang hadir lebih banyak daripada tahun yang lalu. Kombat dan Komurindo yang saya saksikan merupakan kompetisi yang luar biasa, karena menggunakan teknologi yang saya tidak tahu. Tetapi saya yakin ini menggunakan tekhnologi tinggi,” ujarnya.

Menurut Helmi Budiman, pelaksanaan acara ini di tahun 2018 mendatang harus lebih semarak. Tahun ini dirinya tidak melihat SKPD yang lain datang ke lokasi acara, namun tahun depan diupayakan agar yang hadir bisa lebih banyak.

“Melalui acara ini saya yakin akan menambah jumlah kunjungan pariwisata ke Kabupaten Garut. Perlu diketahui juga, di lokasi keberadaan LAPAN ini terdapat-tempat pariwisata yang indah seperti Sayang Helang, Pantai Santolo, Karang Papak dan tempat lainnya yang sama-sama memiliki pemandangan yang indah,” katanya.

Ajang kompetisi bagi pelajar menjadi bekal LAPAN dalam mempersiapkan generasi muda yang ‘melek’ ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan. Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) ke-10 dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) ke-5 digelar pada tanggal 24 Agustus 2017 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut, Jl. Cilauteureun Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Tahun ini, LAPAN membuka kategori baru dari tiga jenis perlombaan yang diselenggarakan. Kategori baru tersebut adalah Wahana Sistem Kendali dengan tema Pengendalian Wahana Sistem Kendali Electric-Ducted-Fan (EDF) dalam Mencapai Sasaran secara Horizontal. Sementara kategori lainnya yaitu Muatan Roket dengan tema Pemantauan Grafis Sikap Luncur Roket Uji Muatan dalam Visualisasi Odometri Tiga Dimensi (3D odometry graphics visualization) dan Muatan Balon Atmosfer dengan tema Teknologi Muatan Balon untuk Observasi Atmosfer dan Maritim.

Kombat diselenggarakan untuk memancing minat mahasiswa dalam mengembangkan ilmu dan perekayasaan teknologi pengamatan atmosfer dengan wahana balon. Peserta juga dapat mengembangkan instrumen pengamatan untuk penelitian atmosfer. Hal yang menarik, peserta dapat memperdalam pengujian sistem pengukuran atmosfer berbasis telemetri.

Generasi muda merupakan modal dasar untuk meningkatkan kapasitas SDM menuju kemandirian bangsa. Wawasan ilmu pengetahuan dari kegiatan tersebut bisa menjadi pengalaman mahasiswa dalam mengembangkan kreasi dan inovasinya di dunia keantariksaan. Mereka lah calon ilmuwan baru yang digadang LAPAN dapat meneruskan cita-cita LAPAN untuk mandiri di bidang penerbangan dan antariksa.

Tahun ini, total terdaftar 93 proposal dari calon peserta. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi, lolos sejumlah tim yang terdiri dari 25 tim Wahana Sistem Kendali (WSK), 18 tim Muatan Roket dan 30 tim Kombat.

Kompetisi tingkat mahasiswa se-Indonesia ini diselenggarakan LAPAN bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Pemerintah Kabupaten Garut. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22, semarak Hari Keantariksaan Nasional, dan Hari Ulang Tahun ke-54 LAPAN.


Sumber : http://www.logikanews.com/komurindo-dan-kombat-tahun-2017-sukses-digelar-wabup-berharap-tahun-depan-penyelenggaraannya-lebih-semarak/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL