Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Perbankan Error, Ini Analisa Pakar
Penulis : Redaksi • Media : Halosumbar.com • 29 Aug 2017 • Dibaca : 14264 x ,

HaloSumbar.com – Satelit perbankan error, transaksi via ATM terganggu di Kota Padang dan sekitarnya, ini tanggapan dan analisa serius dari Pakar LAPAN.

Analisa Pakar, adanya gangguan sistem online pada perbankan tersebut disebabkan oleh rusaknya satelit telkom 1. Disinyalir terjadi karena usia satelit yang sudah melebihi batas operasional.

Pakar dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Jamaludin, mengungkapkan bahwa, adanya permasalahan pada satelit telkom 1, membuktikan satelit itu ada dan dipakai untuk banyak sektor, termasuk perbankan.

“Teknologi satelit memang sudah menjadi kebutuhan manusia modern yang terus menerus harus diganti karena ada batas umurnya,” tambahnya.

“Satelit Telkom 1 sebenarnya tidak bermasalah dengan orbitnya. Dia masih di titik asal, tepatnya di atas equator pada garis bujur 108 derajat timur, di atas selat Karimata, tak jauh dari Pontianak.” jelas penulis buku ‘The eclipse, gerhana matahari total: catatan peristiwa 9 Maret 2016’ itu.

“Sedangkan cuaca antariksa sedang tenang, jadi anomali atau gangguan satelit bukan disebabkan badai Matahari,” tukuknya.

Ia memprediksi, bahwa gangguan sistem satelit boleh jadi karena sudah tua, 18 tahun melebihi rata-rata umur satelit sejenis yang berusia 15 tahun.

“Operator satelit mestinya sudah mempunyai perencanaan jadwal penggantian sebelum masa aktif satelit berakhir,” saran Thomas Jamaludin, menutup pembicaraan dengan halosumbar.com via aplikasi pesan instan.

Tidak Ada Laporan Kerugian Nasabah

Terpisah, dari data Otoritas Jasa Keuangan Sumatera Barat (OJK), hingga saat ini belum ada laporan dari nasabah perbankan terkait kejadian gangguan satelit ini.

“Dampak kerugian yang dapat dihitung secara materil tidak ada. Mengingat gangguan atas satelit telkom1 tersebut hanya berdampak pada acces sistem pembayaran,” ungkap Muhamad Taufiq, Kepala Sub Bagian Pasar Modal OJK Sumatera Barat.

Pihaknya juga menghimbau agar Masyarakat tidak perlu panik atas kejadian ini, karena telkom selaku operator satelit sedang melakukan pembenahan.

Begitu juga untuk masyarakat investor pasar modal, tidak perlu khawatir, karena gangguan pada satelit telkom 1, juga tidak berdampak pada sistem transaksi perdagangan efek di pasar modal,” tutup Taufiq. (HS/Tim)


Sumber : http://www.halosumbar.com/satelit-telkom-1-rusak-ini-saran-pakar/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL