Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN akan bangun pusat transfer teknologi
Penulis : Deyana Goh • Media : Spacetechasia.com • 11 Sep 2017 • Dibaca : 2876 x ,

Badan Antariksa Nasional Indonesia (LAPAN) akan mengembangkan Aerospace and Technology Park (ATP), yang akan memfasilitasi transfer teknologi dari LAPAN ke industri pemerintah dan swasta.

Di bawah skema ini, LAPAN bertujuan untuk menambahkan divisi baru ke Pusat Pemanfaatan Teknologi Dirgantara (Pusfatekgan), yang dikenal dengan nama Pusat Inovasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa (Pusispan). Kata Kepala Pusfatekgan Yuliantini Erowati, "Pusispan akan menjadi perantara antara pemilik teknologi antariksa dan pengguna potensial". Pusispan, yang akan memiliki ATP, akan dibangun di kawasan milik LAPAN di Jakarta atau di Ciater, Jawa Barat.

Karena masih tergolong baru untuk LAPAN, badan antariksa tersebut berharap dapat belajar dari pengalaman Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), badan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dengan 47 pusat penelitian di seluruh Indonesia.

Kata Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN, "Kami berharap dapat belajar dari LIPI, dalam hal bagaimana memanfaatkan Litbang dan hak paten dengan cara yang akan menguntungkan masyarakat. Dengan cara ini, insinyur dan peneliti LAPAN tidak lagi harus mempromosikan produk mereka sendiri, karena mereka akan berada di bawah Pusispan. "

Prof. Djamaluddin melihat ATP sebagai langkah untuk mencapai visi LAPAN dalam menggunakan ruang bagi pembangunan nasional dan swasembada. Menurutnya, ATP bertujuan untuk menunjukkan kompetensi dalam Litbang, serta efektif dalam menyebarluaskan produk yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat umum.


Sumber: http://www.spacetechasia.com/lapan-to-build-centre-for-technology-transfer/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL