Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Serahkan Data Citra Satelit Kepada Bupati Batang
Penulis : Kasirin Umar /SMNetwork /CN39 • Media : suaramerdeka.com • 16 Sep 2017 • Dibaca : 12430 x ,

BATANG, suaramerdeka.com - Bupati Batang Wihaji mengatakan, Data Citra Satelit yang merupakan data penginderaan jauh sangat banyak manfaatnya. Data tersebut juga bisa digunakan dan dimanfaatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) karena dapat melihat keseluruhan Kabupaten Batang, mulai dari data rumah hingga pertanian dan lain sebagainya.

Bupati mengungkapkan hal tersebut dalam sambutannya saat menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Dedi Irawandi. Dalam kesempatan tersebut Dedi Irawandi menyerahkan Data Citra Satelit yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan ke depan guna merencanakan pembangunan Kabupaten Batang. Acara penyerahan dilaksanakan di Meeting Room Bupati Batang, Jum'at (15/9).

“Data pengindraan jauh sangat penting, tergantung kita mau memanfaatkannya seperti apa. Antara lain bisa dimanfaatkan oleh OPD untuk mengetahui berapa jumlah masyarakat miskin yang menerima program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), bisa diketahui secara detail. Juga bisa dimanfaatkan untuk memantau lahan pertanian yang mengalami alih fungsi, termasuk siapa saja yang belum membayar PBB dan masih banyak lagi,” kata Bupati.

Bupati juga merencanakan kerjasama lebih lanjut dengan pihak LAPAN untuk memberikan bimbingan teknis terkait dengan data penginderaan jauh kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Batang, agar data tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh OPD.

Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Dedi Irawandi mengatakan, tugas LAPAN sesuai dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012 yang meminta LAPAN wajib menyediakan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi pemerintah Indonesia dan disebarluaskan ke instansi pemerintah.

“Data itu disebarluaskan ke instansi pemerintah dalam negeri secara gratis sesuai kebutuhan masing-masing, Distribusi data yang telah dilakukan sejak 2015 ini terbilang penting untuk pembangunan. Dan permintaan dari pemerintah daerah maupun lembaga negara, terkait Citra Satelit makin meningkat.” ujar Dedi Irwandi.

Dikatakan, LAPAN sudah mulai membangun kemampuan menerima data untuk resolusi tinggi, dan sudah bisa merekam data yang lebih baik, sehingga penginderaan jauh yang beresolusi sangat tinggi dapat juga dimanfaatkan pemerintah daerah untuk perencanaan tata ruang yang lebih detail.

“Saya sangat mengapresiasi Bupati Batang yang akan memanfaatkan teknologi untuk membuat perencanaan, pemantauan pembangunan daerah.Sehingga transparansi pembangunan yang dilakukan akan lebih baik. Apalagi ASN Kabupaten Batang bisa melakukan dengan mengupdate sendiri, karena kalau diserahkan kepada orang lain kurang maksimal,” papar Dedi.

Disebutkan pula, bahwa teknologi tersebut sudah ada dan data bisa dipergunakan oleh semua dan tidak berbayar. Karena bagai LAPAN sangat penting melibatkan ASN daerah untuk lebih memnfaatkan.

“Hal ini bagi LAPAN tidak ada artinya kalau teman – teman di daerah tidak memanfaatkan data tersebut untuk peningkatan pembangunan di Kabupaten Batang,”kata Dedi Irawandi.



Sumber : http://www.suaramerdeka.com/news/detail/1146/LAPAN-Serahkan-Data-Citra-Satelit-Kepada-Bupati-Batang








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL