Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN : "SEMAR" Mendukung Produktivitas Ikan, Membantu Mengatasi Pencurian Ikan
Penulis : Genta Tenri Mawangi • Media : Antarasumbar.com • 21 Sep 2017 • Dibaca : 3679 x ,

Jakarta, (Antara Sumbar) - Sebagai penyedia dan pengolah data satelit, LAPAN telah membuat Sistem Embaran Maritim (SEMAR) yang telah mendukung nelayan untuk meningkatkan produksi tangkapan ikannya, selain bisa dipakai juga untuk mengawasi kapal-kapal ilegal yang berlayar di perairan Indonesia sejak tahun-tahun sebelumnya, petugas hubungan masyarakat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Rizki, mengatakan di Pameran Bisnis & Pembangunan Indonesia (IBD), Kamis (21/9).

Dalam Pameran Bisnis & Pembangunan Indonesia (IBD) 2017, LAPAN memamerkan beberapa miniatur satelit, seperti LAPAN-A2 / Lapan Orari dan LAPAN-A3 / LAPAN IPB, yang keduanya digunakan untuk mendukung kerja sistem SEMAR.

"Sebagai bagian dari SIstem Pendukung Keputusan/ Decision Support System (DSS), SEMAR tidak hanya akan memberikan informasi mengenai koordinat sumber daya perikanan dan kelautan lainnya namun juga akan memetakan setiap kapal dan kapal yang berlayar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah perbatasan," katanya.

Dalam penggunaannya, LAPAN telah berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi milik negara, PT INTI, terutama dalam hal mendukung perangkat lunak sistem. Sistem ini, selain itu, juga mengakses beberapa prediksi data tentang atmosfer, arus laut, suhu permukaan laut, dan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) dari beberapa penyedia, termasuk Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA) dan Hybrid Coordinate Ocean Model (HYCOM).

"Program ini telah dioperasikan di daerah pesisir Indramayu di provinsi Jawa Barat. Sistem ini sekarang telah mencakup sekitar 90 persen perairan kabupaten," kata Rizki.

Selain pemetaan ZPPI, sistem ini juga berfungsi untuk mengawasi kapal-kapal ilegal yang berlayar di perairan Indonesia.

"Karena kita memiliki catatan pada setiap kapal di negara ini, sistem tersebut dapat memetakan setiap kapal yang tidak diketahui, yang kemungkinan melakukan penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur di wilayah negara kita," katanya.

Program tersebut, lanjutnya, akan memproses informasi pergerakan kapal dengan Automatic Identification System (AIS), sebuah perangkat lunak yang dipasang di dua satelit milik LAPAN-A2/ LAPAN-Orari dan LAPAN-A3/ LAPAN-IPB.

Setelah memproses informasi tersebut, LAPAN akan menyampaikan hasilnya, seperti koordinat ZPPI, ke Dinas Perikanan dan Kelautan di seluruh provinsi.

"Berkat SEMAR, sekarang para nelayan tidak lagi harus menunggu ikannya, karena mereka sudah tahu dimana akan ditemukan," ulang Rizki.


Sumber : http://www.antarasumbar.com/berita/212716/semar-supports-fish-productivity-helps-tackle-illegal-fishing-lapan.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL