Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan PT Inti Percepat Hilirisasi Litbang Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Meg • 20 Sep 2017 • Dibaca : 16422 x ,

Sekretaris Utama LAPAN dan Direktur Utama PT Inti berjabat tangan usai menandatangani naskah kerja sama.

LAPAN dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Inti) menandatangani naskah kerja sama. Keduanya sepakat untuk bekerja sama dalam hilirisasi hasil penelitian dan pengembangan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa. Naskah ditandatangi oleh Sekretaris Utama LAPAN, I.L. Arisdiyo dan Direktur Utama PT Inti, Darman Mappangara, di Jakarta, Rabu (20/9).

Kerja sama ini bertujuan untuk mempercepat hilirisasi hasil penelitian dan pengembangan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa. Hilirisasi merupakan rangkaian pengembangan purwarupa industri, sertifikasi, pemasaran, produksi, instalasi, operasi, purna jual, dan pengembangan lanjut. Hilirisasi yang akan dilaksanakan meliputi sains antariksa dan atmosfer, penginderaan jauh, teknologi penerbangan, dan teknologi satelit.

Salah satu kerja sama yang telah berlangsung antara LAPAN dan PT Inti yaitu pemanfaatan data satelit untuk pemantauan kemaritiman. LAPAN memiliki berbagai sistem informasi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa yang dapat mendukung kegiatan tersebut. Sistem tersebut antara lain yaitu Sistem Embaran Maritim (Semar) dan Sistem Pemantauan Hujan (Santanu).

Semar merupakan Decission Support System (DSS) yang dibangun untuk mendukung pengambilan keputusan di bidang produksi perikanan tangkap serta keselamatan pelayaran. Sementara itu, Santanu merupakan sistem penantauan hujan secara spasial menggunakan teknologi radar kapal. Data yang dihasilkan yaitu pemantauan lokasi, intensitas, serta pergerakan hujan dalam wilayah cakupan radar. Kemudian, data tersebut diolah untuk menghasilkan peta terjadinya hujan secara berkelanjutan secara near real time.

DSS LAPAN menghasilkan berbagai informasi berupa identifikasi Zona Potensi Penangkapan Ikan, pengamatan atau prediksi kondisi atmosfer dan lautan, prediksi frekuensi komunikasi radio, dan identifikasi posisi kapal. Informasi-informasi tersebut dihrapkan dapat meningkatkan kinerja di sektor keselamatan pelayaran dan peningkatan produksi perikanan tangkap. Dengan demikian, dampak yang dihasilkan yaitu keselamatan dan kesejahteraan nelayan.

Dalam mendukung hilirisasi litbang penerbangan dan antariksa, Semar dan Santanu tersebut dipamerkan dalam Indonesia Business and Development Expo yang berlangsung pada 20 hingga 23 September 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta. Dalam pameran tersebut, LAPAN juga menampilkan satelit buatannya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL