Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasikan Program Edukasi di Hadapan Peserta JANAKA
Penulis Berita : Humas/Riri • Fotografer : Humas/Riri • 25 Sep 2017 • Dibaca : 154160 x ,

Kepala Sub Bagian Edukasi Publik, Happy Rumiris memaparkan program Edukasi LAPAN kepada peserta JANAKA 2017

Sabtu (23/09), Hari kedua Jambore Nasional Klub Astronomi (JANAKA), diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya sosialisasi keantariksaan dan keatmosferan, yang menghadirkan pembicara Peneliti LAPAN, Gunawan Admiranto, Kepala Sub Bagian Edukasi Publik, Happy Rumiris Simanungkalit, dan Dedy Heriyanto dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta.
Kegiatan tak hanya dihadiri peserta JANAKA tapi juga beberapa undangan seperti siswa-siswi dan guru pendamping dari SD dan SMP di wilayah sekitar LAPAN Pasuruan.

Sebagai pembuka, Kepala Sub Bagian Edukasi Publik memaparkan profil LAPAN secara umum, meliputi empat kompetensi utama, berikut lokasi persebaran dan pencapaian yang telah dilakukan LAPAN. Happy juga menerangkan berbagai kegiatan edukasi yang telah dilakukan oleh LAPAN. “Edukasi keantariksaan itu penting! Kita ketahui, LAPAN sudah 53 tahun berdiri namun masih jauh tertinggal dari negara lain. Keberadaan sub bagian edukasi bertugas untuk menyiapkan generasi muda agar memahami dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi luar angkasa sehingga dapat bersaing di kancah dunia.”

Beberapa kegiatan edukasi yang dilakukan antara lain water rocket event bekerja sama dengan PP Iptek. Peran ini turut mengantar peserta meraih Juara 2 dan 3 di ajang Water Rocket Competition pada penyelenggaraan APRSAF-23. Komurindo-Kombat menjadi ajang kompetisi tahunan LAPAN bagi mahasiswa di Indonesia.

LAPAN Space Debate juga digalang untuk mencari bibit unggul yang melek iptek bidang keantariksaan dengan memaparkannya menggunakan bahasa internasional, yaitu bahasa inggris. Final kegiatan tersebut akan diselengarakan 22 November 2017. Dalam kegiatan LAPAN Space Debate tahun ini, Ia berharap ada perwakilan dari SMA di Pasuruan dan sekitarnya yang ikut berpartisipasi. Happy mencoba memancing minat dengan mengungkapkan hadiah juara pertama yaitu wisata edukasi ke Balai Kendali Satelit, Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, dan Penginderaan Jauh Biak.

Program lain yang dilakukan sub bagian edukasi publik yaitu coaching clinic. Salah satu kegiatan yang sudah berlangsung ditujukan kepada mahasiswa Gunadarma untuk mengikuti Kompetisi Cansat di Mongolia. Hasilnya cukup menggembirakan, tim ini berhasil menyabet juara 2 dalam kompetisi tersebut. Pameran dan kunjungan dari sekolah dan universitas juga dilakukan dalam bentuk pelayanan publik LAPAN kepada khalayak umum secara terbuka.

Pesan yang disampaikan dan menjadi penutup dalam kegiatan JANAKA 2017 adalah “Tunjukkan kepada dunia bahwa kita generasi muda Indonesia mampu dan memiliki SDM yang bisa mengembangkan dunia antariksa.”


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL