Kompetensi Utama

Layanan


Astronom Peduli Lingkungan dengan Gelar Aksi Tanam Pohon
Penulis : Almira Sifak Fauziah Narariya / Aan Imam Marzuki • Media : malangtoday.net • 25 Sep 2017 • Dibaca : 4378 x ,

MALANGTODAY.NET – Seorang astronom memang identik dengan penelitian langit, tapi bukan berarti astronom tak acuh akan kondisi bumi. Para astronom amatir se-Indonesia melakukan penanaman pohon secara massal di LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Watukosek, Pasuruan.

Aksi ini dilakukan pada Sabtu, 23 September 2017 pagi. Jenis pohon yang ditanam yaitu pohon mahoni.

Total ada lebih dari 38 bibit pohon yang ditanam. Bibit-bibit tersebut merupakan kontribusi dari organisasi pecinta alam O.P.A Bongso Alus dan komunitas Arus Liar.

Penanaman bibit pohon oleh seluruh komunitas astronomi ini dilakukan di sekitar Bukit Perahu atau masih di dalam area LAPAN Watukosek. Peserta bersama-sama memindahkan tanah serta bibit pohon dari polybag ke tanah untuk ditanam.

Ketinggian bibit yang tersedia memang bervariasi. Namun tidak masalah karena di setiap lubang sudah disediakan batang bamboo untuk penyangganya. Para peserta sangat antusias akan kegiatan ini.

“Semoga nanti LAPAN Watukosek jadi lebih rimbun dan teduh,” ungkap salah satu peserta Jambore Nasional Klub Astronomi (JANAKA) 2017, Hendra.

Kegiatan JANAKA 2017 ini juga bertepatan dengan peristiwa equinox 23 September. Equinox adalah suatu fenomena dimana matahari tepat berada di atas khatulistiwa. Dikutip dari BMKG, efeknya adalah radiasi matahari yang masuk cukup optimum.

Sehingga diharapkan dengan kegiatan penghijauan ini, efek radiasi matahari bisa berkurang.

Usai penanaman pohon bersama, para peserta dan pegawai LAPAN mengabadikan momen menanam pohon mereka.


Sumber : https://malangtoday.net/malang-raya/pendidikan/astronom-peduli-lingkungan-dengan-gelar-aksi-tanam-pohon/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL