Kompetensi Utama

Layanan


ISAST 2017 Dukung Aplikasi Teknologi Maritim
Penulis Berita : Humas/Zk-Rz • Fotografer : Humas/Rz • 27 Sep 2017 • Dibaca : 84251 x ,

Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti menyampaikan sambutan dalam pembukaan ISAST 2017 di Medan, Sumatera Utara

International Seminar on Aerospace Science and Technology (ISAST) ke-5 resmi dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, H. Nouval, Rabu, (27/09). Kegiatan ini berlangsung tiga hari di Hotel Aryaduta Medan, Sumatera Utara. Penyelenggaraan ISAST Tahun 2017 ini bertemakan “Development of Aeronautics and Space Technology to Support Maritime Application.”

Dalam sambutannya, Nouval berkata, “Saat ini kita sudah sangat bergantung pada pemanfaatan teknologi satelit untuk sektor maritime, khususnya Sumatera Utara, yang sebagian besar wilayahnya berupa laut yang mutlak memerlukan satelit.“ Ia berharap, LAPAN sebagai institusi yang mengembangkan riset teknologi keantariksaan, dapat mendiseminasikan dan mendistribusikan data penginderaan jauh berupa data dan informasi geospasial kepada provinsi Sumatera Utara.

Hal ini untuk mendukung kegiatan pengembangan khususnya tata ruang deteksi sumber daya alam dan zona penangkapan ikan. Sehingga nelayan tidak lagi mencari ikan akan tetapi mereka melaut untuk menangkap ikan.

Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andriarti menjelaskan penyelenggaraan ISAST yang sudah berlangsung sejak 2013. “Kegiatan ini sebagai ajang pertukaran informasi dan untuk mencari peluang kerja sama dengan berbagai universitas baik di dalam maupun luar negeri, serta industri strategis yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Rika juga memaparkan program kegiatan pengembangan teknologi penerbangan dan keantariksaan nasional yang berlandaskan UU No 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan. Saat ini, Peraturan Presiden RI No. 45 Tahun 2017 tentang Rencana Induk Keantariksaan Tahun 2016 – 2040 juga sudah disahkan. Dengan terbitnya PP tersebut diharapkan 25 tahun ke depan LAPAN dapat meluncurkan satelit penginderaan jauh dengan Roket Peluncur Satelit (RPS) sendiri. Dengan demikian, tahun 2018 LAPAN akan menetapkan lokasi pembangunan bandar antariksa untuk RPS.

Ketua Panitia ISAST ke-5, Dr. Effendi Dodi menjelaskan, penyelenggaraan tahun ini mengalami banyak peningkatan baik kualitas maupun kuantitas. Banyak sekali makalah yang masuk baik dari dalam maupun luar negeri. Jika memenuhi syarat, untuk makalah terindex di Scoupus akan diterbitkan melalui Institut Of Physic (IOP). Sedangkan yang tidak terindex akan diterbitan di Jurnal Ilmiah LAPAN.

Antusiasme peserta ISAST ia beberkan dengan sejumlah 79 makalah yang diterima tahun ini. Di antara sejumlah itu lolos seleksi sebanyak 49 makalah, terdiri dari 16 makalah. Makalah tersebut dikirimkan oleh beberapa perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Hongkong University (HKUST), Open University of Srilangka, Konkuk University, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sains Malaysia, Universitas Teknologi Mara, International Islamic University Malaysia (IIUM), Universitas Sumatera, Universitas Suryadharma, Muroran Institut of Technology, dan University of Surrey – UK.

ISAST dihadiri sejumlah 190 peserta dalam negeri dari berbagai kementerian/lembaga, perguruan tinggi, BUMN, serta industri strategis lainnya. Sedangkan partisipasi dari luar negeri berasal dari Jepang, Jerman, Spanyol, Cina, Belanda, Malaysia, Inggris, Sudan, dan Korea Selatan.

Kegiatan kali ini diselenggarakan LAPAN bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan Institut Teknologi Del.
Wakil Dekan Fakultas Teknik USU, Dr. Irvan menyampaikan agar mahasiswa USU dapat berpartisipasi dan terlibat langsung dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi antariksa yang dilakukan LAPAN.

Kegiatan seminar tersebut menghadirkan pembicara utama Prof Dr. Erna Sri Adiningsih (LAPAN), Prof Dr. Ing Nicolas Gascoin (France Embassy), dan Prof Yosifumi Intani (JAXA-Jepang). Seminar ini mengusung pembahasan terkait bidang struktur, aerodinamika, satelit/roket, sains antariksa, instrumentasi, propulsi, dan mekanis penerbangan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL