Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Kembangkan Teknologi Pantau Pergerakan Ikan untuk Bantu Nelayan
Penulis : Victory Arrival Hutauruk • Media : Tribunnews.com • 27 Sep 2017 • Dibaca : 9600 x ,

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Dalam rangka memperluas jaringan internasional untuk komunasi ilmiah, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyelenggarakan Internasional Seminar on Aerospace Science and Technology (ISAST) pada 27 - 29 September 2017.

Seminar yang telah terselenggara sejak tahun 2012, pada tahun ini LAPAN bekerja sama dengan 17 institusi yang berasal dari negara Jepang, Spanyol, Cina, Belanda, Malaysia, Inggris, Sudan dan Korea Selatan.

Deputi Bidang Teknologi Penerbangan Dan Antariksa LAPAN Dr. Rika Andiarti menjelaskan seminar kali ini bertujuan untuk penguatan peran teknologi dalam memperkuat maritim Indonesia seperti yang sedang dicanangkan pemerintah Joko Widodo.

"Kegunaan seminar ini sebenarnya untuk melihat kebutuhan teknologi Aeronatik dan antarikasa untuk ikut membangun kemarimitan Indonesia," jelasnya kepada Tribun-Medan.com, Rabu (27/9/2017) di Hotel Arya Duta, Medan.

Menilik kepentingan masyarakat, wanita berkerudung hitam warna merah maroon menjelaskan melalui teknologi satelit yang telah dikembangkan dapat membantu nelayan menemukan ikan di laut.

"Kami juga punya informasi zona potensi penangkapan ikan. Dari data satelit kita dapat melihat dimana saja letak ikan banyak berada. Para nelayan bisa melihat dimana ikan paling banyak," terangnya.

Rika menambahkan data tersebut akan diinformasikan setiap harinya di kantor Kementrian Kelautan dan Perikanan di setiap daerah sehingga nelayan dapat bergerak melalui data tersebut untuk mencari ikan.

"Sudah ada beberapa daerah yang menggunakan ini," jelasnya.

Selain untuk memantau pergerakan ikan, kegunaan satelit oleh LAPAN digunakan untuk memantau kondisi perairan Indoensia baik pergerakan kapal.

"Teknologi satelit untuk memonitor kegiatan kapal. Kami mempunyai sensor untuk melihat itu, walaupun satelit masih dua tapi dengan adanya kerja sama kami bisa melihat pergerakan kapal-kapal tersebut yang mencurigakan," tutupnya.


Sumber : http://medan.tribunnews.com/2017/09/27/lapan-kembangkan-teknologi-pantau-pergerakan-ikan-untuk-bantu-nelayan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL