Kompetensi Utama

Layanan


Lewat FSA 2017, Lapan Pamerkan Keunggulan Satelitnya
Penulis : Muhammad Fikry Mauludy • Media : pikiran-rakyat.com • 07 Oct 2017 • Dibaca : 13733 x ,

BANDUNG, (PR).- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menggelar Festival Sains Antariksa (FSA) 2017 di Pusat Sains Antariksa Lapan, Jalan Dr Djundjunan, Kota Bandung, Sabtu 7 Oktober 2017. Sejumlah keunggulan yang dihasilkan satelit milik Lapan dipamerkan kepada pengunjung yang diramaikan siswa sekolah, guru pendam­ping, dan undangan dari seluruh Indonesia.

Salah satu keunggulannya yakni layanan hasil data satelit yang dijadikan basis data untuk melakukan perencanaan tata kota. “Kami memberikan data penginderaan jauh kepada semua kementeriaan, lembaga, dan daerah. Perencanaan tata kota, atau rencana detil tata ruang juga memanfaatkan data satelit. Khususnya data setelit resolusi sangat tinggi dari bank data penginderaan jauh nasional,” ujar Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, dalam acara tersebut.

Selain dimanfaatkan pemerintah kabupaten dan kota untuk mengembangkan wilayah masing-masing, citra satelit itu dimanfaatkan sebagai pemantauan sumber daya alam dan lingkungan. Citra satelit Lapan mampu memantau perubahan tutupan lahan hutan sehingga bisa terkumpul informasi kondisi hutan di Indonesia.

Penanganan bencana kebakaran hutan yang kerap terjadi di sebagian wilayah Kalimantan sempat terbantu oleh citra satelit yang bisa digunakan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Lapan juga berperan penting dalam membantu mitigasi bencana, salah satunya melalui Sadewa (Satellite Disaster Early Warning System). Sadewa merupakan sistem peringatan dini yang mampu memprediksi terjadinya cuaca ekstrem.

“Lapan mengembangkan Sadewa. Ini berbasis antariksa. Menggabungkan data dari satelit cuaca dengan model atmosfer terkait dengan dinamika atmosfer. Nah, satelit itu melaporkan kondisi cuaca ekstrem,” ujar Thomas.

Selain itu, Lapan juga berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk memantau kondisi cuaca wilayah Indonesia. Dalam kasus hujan es dan banjir juga bisa tercitrakan dengan baik.

Sejumlah layanan dan data hasil teknologi dari lembaga ini dikenalkan kepada khalayak melalui Festival Sains Antariksa (FSA) 2017.

Bermacam kegiatan lain di FSA 2017
Sejumlah kegiatan akan memeriahkan FSA 2017. Di antaranya lomba fotografi hilal dan keantariksaan, lomba mewarnai tema Kartun Antariksa, lomba eksplorasi kata antariksa, kuis juara antariksa, ceramah umum, dan pameran sains.

"Kegiatan di arena festival ini bertujuan memberi edukasi ke siswa soal antariksa. Ada planetariun mini, ludo antariksa, pameran sains teknologi Lapan, juga pengembangan pesawat tanpa awak," ujarnya.





Sumber :http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/10/07/lewat-fsa-2017-lapan-pamerkan-keunggulan-satelitnya-411056








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL