Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Uji Coba Modul Edukasi Penerbangan dan Keantariksaan di Sekolah-Sekolah
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Riri • 10 Oct 2017 • Dibaca : 801 x ,

Para Pelajar sedang belajar membuat roket air saat kegiatan uji coba modul penerbangan dan keantariksaan

Untuk mengenalkan iptek penerbangan dan antariksa kepada generasi muda di level pendidikan, LAPAN menyusun Modul Penerbangan dan Antariksa. Senin (09/10), bahan modul untuk pelajar tingkat SMP diuji coba bahan ajarnya di hadapan siswa siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 24, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Tahun ini untuk pertama kalinya LAPAN melakukan uji coba. LAPAN melakukan acak lokasi sekolah yang dijadikan tempat uji coba dengan wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

Mewakili Tim Edukasi Publik, Firmanullah menginformasikan, bahan modul tersebut diklasifikasikan menjadi tiga tingkat, yaitu Seri 1 untuk tingkat TK sampai dengan SD kelas III, Seri II untuk tingkat SD kelas 4-6, seri III untuk tingkat SMP, seri IV untuk tingkat SMA. Dalam penyusunannya, LAPAN telah bekerja sama dengan Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada putaran roadshow uji coba kali ini, Tim Edukasi Publik dan para edukator diterima langsung Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Esty Kusyanti di Ruang Multi Media. Esty mengucapkan terima kasih kepada LAPAN yang menjadikan sekolahnya sebagai lokasi uji coba tersebut.

“Mudah-mudahan kesempatan ini sekaligus menjadi rintisan kerja sama dalam meningkatkan metode dan materi pembelajaran kepada anak didik,” ungkapnya. Untuk itu ia berharap agar terus berlanjut.

Melalui uji coba ini, harapannya, LAPAN memperoleh masukan dari kalangan pendidik dan peserta didik terkait materi yang disampaikan. Adapun bahan yang disampaikan yaitu materi dasar pengetahuan umum tentang keantariksaan, dan pengenalan bidang-bidang riset yang dilakukan LAPAN. Secara spesifik disampaikan informasi iptek tentang teknologi penerbangan, satelit, roket, teknologi penginderaan jauh, serta sains antariksa dan teknologi atmosfer.

Para edukator yang memaparkan modul kali ini adalah para peneliti LAPAN, yaitu Zylshal, Arifin Rosyadi Sumaryanto, Afrido Prayogi, dan Wigati. Pada kesempatan ini juga disosialisasikan cara dan kinerja roket air, mulai dari bimbingan pembuatan roket air sampai dengan peluncuran. Para pelajar dan guru bisa langsung menyaksikan peluncuran roket air tersebut di lapangan upacara.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL