Kompetensi Utama

Layanan


Anggaran LAPAN 2018 untuk Mencapai Sasaran prioritas Nasional
Penulis Berita : Humas/Dri • Fotografer : Humas/Dri • 12 Oct 2017 • Dibaca : 7078 x ,

Suasana Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan Menteri Ristekdikti dan jajaran Kepala LPNK di lingkungannya

Kamis (12/10), Rapat Kerja Komisi VII DPR RI Menristekdikti beserta Kepala LPNK berlangsung di Ruang Rapat Komisi VII DPR RI Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta. Rapat ini untuk membahas RKA-K/L RAPBN Tahun Anggaran 2018 berdasarkan hasil Badan Anggaran DPR RI.

Rapat dipimpin Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Dr. Herman Khaeron. Herman menyampaikan hasil rapat Badan Anggaran DPR RI pada RAPBN TA 2018. Maka diterbitkan Surat Menteri Keuangan Nomor S-162/MK.2/2017 tanggal 10 Oktober 2017 tentang Penyampaian Pagu Alokasi Anggaran Kementerian/Lembaga TA 2018. Hal tersebut hasil dari Rapat Pembahasan Panitia Kerja Belanja Pemerintah Pusat Badan Anggaran DPR-RI dalam Rangka Pembicaraan Tingkat I/Pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang APBN TA 2018.

Komisi VII DPR RI menyetujui alokasi anggaran untuk Kemenristekdikti beserta LPNK sebesar Rp.6.190.641.689.000,00 (enam triliun seratus sembilan puluh milyar enam ratus empat puluh satu juta enam ratus delapan puluh sembilan ribu rupiah. Anggaran tersebut terdiri dari program dan fungsi di Kementerian dan LPNK.

Menristekdikti, Muhammad Natsir menyampaikan rencana kerja pemerintah tahun 2018 yang bertemakan “Memacu Investasi dan Memantapkan Pembangunan Infrastuktur untuk percepatan Pertumbuhan Ekonomi yang berkualitas”. Semangat tersebut untuk upaya menjaga pertumbuhan ekonomi 2017 dan mendorong pertumbuhan ekonomi 2018.

Untuk mencapai itu maka perlu memperbaiki kualitas belanja, peningkatan iklim usaha dan iklim investasi yang lebih kondusif, peningkatan daya saing dan nilai tambah industri, serta peningkatan peran swasta dalam pembiayaan dan pembangunan infrastruktur. Tentu saja hal tersebut dengan memprioritaskan belanja pemerintah untuk pencapaian sasaran prioritas nasional. Caranya melalui penyusunan program/kegiatan prioritas K/L yang dilakukan dengan pendekatan Money Follow Program dan bersifat holistik, integratif, tematik, dan spasial, yang dikenal dengan HITS.

Dalam paparannya, Kepala LAPAN menyampaikan pagu alokasi anggaran 2018 sebesar Rp. 827.075.267.000 (delapan ratus dua puluh tujuh milyar tujuh puluh lima juta dua ratus enam puluh tujuh ribu rupiah). Anggaran tersebut terdiri dari dua program yaitu (1) Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Lainnya dan (2) Program Pengembangan Teknologi Penerbangan dan Antariksa.

Alokasi anggaran tersebut digunakan untuk mencapai sasaran prioritas nasional. Hal ini tercantum dalam pembangunan wilayah, ketahanan pangan, politik hukum dan keamanan serta infrastruktur, konektivitas, dan kemaritiman.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL