Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Diseminasikan Pemanfaatan ZPPI untuk Nelayan Biak Numfor
Penulis Berita : Humas/Wawan-Cici • Fotografer : Humas/Pino • 11 Oct 2017 • Dibaca : 13043 x ,

Peserta Diseminasi pemanfaatan ZPPI berfoto bersama dengan Sekretaris Utama, I.L. Arisdiyo dan Anggota DPR RI Komisi VII Dapil Papua, Toni Wardoyo

Balai Kendali Satelit, Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, dan Penginderaan Jauh Biak (LAPAN Biak) mengadakan kegiatan diseminasi bagi nelayan di wilayah Biak Numfor. Mereka memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang pemanfaatan penginderaan jauh informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI). Kegiatan berlangsung tanggal 11 – 12 Oktober 2017 di Kantor LAPAN Biak, Papua.

Sekretaris Utama, I.L. Arisdiyo dalam sambutannya menyampaikan, LAPAN mempunyai peranan penting untuk mendukung peningkatan teknologi bagi masyarakat. Ia juga memaparkan tugas dan Fungsi LAPAN sebagai lembaga riset di bidang penerbangan dan antariksa. Arisdiyo juga menjelaskan fungsi dan peran LAPAN Biak yang berlokasi di Papua.

Materi disampaikan oleh Peneliti LAPAN, yaitu Sartono Marpaung dan Anang Dwi Purwanto. Adapun tema kegiatan yang diangkat adalah “Pengenalan GPS & Fishfinder GPSMAP 580/585”. Pada kesempatan ini, peserta bisa langsung memraktikkan wawasan yang diperolehnya ke lapangan dengan lokasi kegiatan perairan BMJ Biak. Maka, Sekretaris Utama menyerahkan peralatan secara simbolik kepada para nelayan berupa GPS & Fishfinder GPSMAP 580/585.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama LAPAN dengan DPR RI Komisi VII. Diharapkan, acara ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional penangkapan ikan dan juga produksi tangkapan ikan. Dengan begitu, dampaknya dapat meningkatkan hasil penangkapan dan menambah penghasilan para nelayan.

Diseminasi juga dihadiri Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor Harun Saman. Hadir Pula Anggota DPR RI Komisi VII Dapil Papua, Tony Wardoyo.

Fishfinder sangat memudahkan pekerjaan nelayan untuk memperoleh lokasi yang sangat potensial terdapat banyak ikan. Sebab, selama ini nelayan hanya menggunakan cara tradisional untuk menangkap ikan.


Your Comments
Melki 268 days ago
Sangat membantu produktifitas para Nelayan khususnya yang berada pada Kab. Biak Numfor.

Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL