Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Tawarkan Semar Guna Tingkatkan Produktivitas Nelayan
Penulis : Setiady Dwi /SMNetwork /CN40 • Media : Suaramerdeka.com • 19 Oct 2017 • Dibaca : 9605 x ,

BANDUNG, suaramerdeka.com- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memperkenalkan sistem embaran maritim (Semar) guna meningkatkan produktivitas nelayan, terutama atas hasil tangkapannya. Menurut Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, Semar akan membantu nelayan dengan menginformasikan zona potensi penangkapan ikan di samping untuk mendorong keselamatan pelayaran.

"Jadi mereka ke laut itu bukan lagi mencari ikan tapi menangkap ikan, karena lokasi untuk melakukan tangkapan sudah jelas dan diketahui," tandasnya, di Bandung, Kamis (19/10).

Sistem pendukung keputusan itu mengandalkan teknologi satelit dengan mengintegrasikan produk Lapan lainnya seperti Basis Data Atmosfer Indonesia (Bisma), Komputasi Prediksi Numerik Atmosfir (Kresna), dan Satellite Disaster Early Warning System (Sadewa). Selain itu, Semar juga mengoptimalkan kinerjanya melalui pemanfaatan Satelit A1 dan A2 Lapan yang juga sudah dipergunakan untuk pengawasan kapal asing.

Dijelaskan, sistem yang dikembangkan sejak 2015 itu telah diujicoba sepanjang tahun ini. Mereka berkerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan DI Yogyakarta. Mereka telah menginstalnya di sejumlah kapal nelayan dalam pengujian yang dijadwalkan berlangsung hingga Februari mendatang. Sistem tersebut, jelasnya, nantinya bakal diadopsi secara nasional.

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfir Lapan, Halimmurachman menambahkan, bahwa informasi yang disajikan bersifat real time. Setiap enam jam, timnya melakukan update data. Sehingga nelayan selalu dipasok informasi terbaru.

"Nelayan cenderung menggunakan intuisi, kalau tidak dengan sistem rumpon yang sekarang dilarang, dengan sistem ini, nelayan lebih pasti dalam melakukan aktivitasnya," tandasnya.


Sumber : http://www.suaramerdeka.com/news/detail/4316/Lapan-Tawarkan-Semar-Guna-Tingkatkan-Produktivitas-Nelayan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL