Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Tunjukkan Peningkatan Integritas RB melalui Berbagai Capaian Prestasi dan Penghargaan
Penulis Berita : Humas/Bbg • Fotografer : Humas/Bbg • 19 Oct 2017 • Dibaca : 90022 x ,

Suasana pemaparan kemajuan pelaksanaan program salah satu pokja RB di LAPAN

Kamis (19/10), berlangsung evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan SAKIP LAPAN di Gedung Indriya Bhuwana, Kantor Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh. Evaluasi ini untuk mengetahui peningkatan integritas dan organisasi (revolusi mental) yang dilaksanakan LAPAN. Hal tersebut sudah menjadi bagian dari tugas KemenPANRB untuk melakukan survei ke kementerian/lembaga/pemerintah daerah.

Kunjungan tim evaluasi KemenPANRB diterima langsung oleh jajaran pimpinan LAPAN. Mereka adalah Sekretaris Utama, I.L. Arisdiyo, Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, dan Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Afif Budiyono. Acara ini juga dihadiri para perwakilan seluruh satuan kerja di lingkungan LAPAN.

Nadimah, selaku penanggung jawab kegiatan tim evaluasi RB LAPAN mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan tersebut untuk memotret pengumpulan data RB di LAPAN. Data-data itu adalah program kerja, akuntabilitas kinerja, integritas organisasi, dan data terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama menyampaikan laporan kemajuan pelaksanaan RB LAPAN yang bermoto “LAPAN unggul Indonesia maju, LAPAN melayani Indonesia mandiri”. Sehingga, dalam melaksanakan program kerja 2015-2016, LAPAN melakukan dua komponen, terdiri dari delapan pengungkit dan lima hasil. Capaiannya yaitu 73, 42 persen.

Hasil perubahannya, selama periode 2016-2017 LAPAN meraih berbagai penghargaan. Baru saja LAPAN meraih juara pertama unit kearsipan tingkat lembaga negara dalam anugerah ANRI Award 2017. Penghargaan ini bernilai penting karena menjadi harapan pertimbangan penilaian (KementPANRB) di dalam evaluasi evaluasi RB LAPAN.

Deretan penghargaan lainnya yaitu pemecahan rekor MURI dalam kontes komunikasi amatir radio ekuator pertama melalui satelit dan ekspedisi menembus langit dengan pesawat tanpa awak pertama yang menembus lapisan stratosfer. LAPAN berturut-turut setiap tahun menerima penghargaan keterbukaan informasi publik dan keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 dengan capaian standar tertinggi. LAPAN juga meraih predikat kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombusdman RI.

Arisdiyo juga memaparkan capaian RB LAPAN 2017, di mana LAPAN memberikan pelayanan yang cepat dan akurat dengan sistem pemantau maritim berbasis iptek penerbangan dan antariksa. Sistem informasi yang dibangun antara lain Semar (sistem embaran maritim), ZPPI (Zona Potensi Penangkapan Ikan), BDPJN (Bank Data Penginderaan Jauh Nasional), SIPANDA (Sistem Pemantauan Sumber Daya Alam), SIMBA (Sistem Informasi untuk Mitigasi Bencana), Sadewa (Satellite-based Early Warning System), SWIFtS (Space Weather Information and Forecast Services), AIS (Automatic Identification System), dan sistem informasi lainnya. LAPAN juga melakukan pemantauan permukaan bumi dengan menggunakan LAPAN Surveillance UAV (LSU), pemantauan benda jatuh antariksa, komunikasi radio amatir melalui satelit LAPAN A2/LAPAN-Orari, pemantauan Hotspot untuk kebakaran hutan, dan layanan informasi lainnya.

Dalam kegiatan ini, LAPAN memaparkan kemajuan dari program kerja sejumlah delapan Pokja RB di LAPAN. Pokja tersebut yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Perundang Undangan, Penataan dan Penguatan Organisasi, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL