Kompetensi Utama

Layanan


Bangun Stasiun Peluncur Satelit, LAPAN Pertimbangkan Kerjasama Dengan Negara Lain
Penulis : Dian Eko Prasetio • Media : Akurat.co • 22 Oct 2017 • Dibaca : 11486 x ,

AKURAT.CO, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tengah membahas rencana pembangunan stasiun peluncuran satelit di Indonesia, termasuk mempertimbangkan kerja sama dengan negara lain dalam pengerjaannya.

Pembangunan stasiun peluncur ini dilakukan untuk mempercepat penguasaan teknologi di bidang keantariksaan dan sektor-sektor strategis lainnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin mengatakan perencanaan lebih detail pembangunan stasiun peluncuran satelit ini sedang dilakukan, mengingat dana yang dibutuhkan sangat besar, rumit dan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah lebih berpengalaman.

Dengan melibatkan negara lain, Indonesia berharap bisa lebih cepat memiliki stasiun peluncur satelit sendiri. Artinya, stasiun tersebut akan bisa lebih efisien dimanfaatkan dan tidak hanya menunggu program-program Indonesia, tapi juga dapat dilakukan negara mitra.

Tiongkok dan Korea Selatan adalah negara yang tertarik untuk bekerjasama dalam pembangunan stasiun peluncuran satelit. Indonesia juga mencoba untuk melobi Jepang dan India untuk menjalin kerjasama.

Sebenarnya ajakan untuk peneliti dan ilmuwan Indonesia untuk mengeksplorasi antariksa sudah berdatangan. Tidak menutup kemungkinan bakalan ada misi luar angkasa bersama ketika Indonesia mempunyai stasiun peluncuran satelit sendiri.

Pembahasan ini nantinya akan dilakukan dalam seminar nasional "Kebijakan dan Regulasi Kegiatan Penerbangan dan Antariksa Menuju Kemandirian Nasional" pada 25 Oktober 2017 di Jakarta.

Tidak hanya mematangkan rencana pembangunan stasiun peluncuran satelit, pembahasan juga akan dilakukan untuk menjelaskan kontribusi keantariksaan di sektor ekonomi, pengembangan satelit dan roket, serta teknologi penerbangan di Indonesia.


Sumber : http://tekno.akurat.co/id-78813-read-bangun-stasiun-peluncur-satelit-lapan-pertimbangkan-kerjasama-dengan-negara-lain








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL