Kompetensi Utama

Layanan


Pembangunan Observatorium Nasional Timau Perkuat Pengembangan Kawasan Timur Indonesia
01 Nov 2017 • Dibaca : 1253 x ,

LAPAN bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Nusa Cendana (UNdana), Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Pemkab Kupang akan membangun sebuah fasilitas pengamatan antariksa modern, Observatorium Nasional (Obnas). Obnas terbesar se-asia tenggara ini dibangun di Gunung Timau, Kupang, NTT dengan target penyelesaian pembangunan pada 2020.

Pembangunan Obnas ini penting bagi Indonesia karena peran ganda. Pertama, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan, memuat tentang kegiatan keantariksaan, salah satunya sains antariksa. Kedua, menjadi salah satu agenda prioritas Presiden (Nawa Cita), yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, antara lain melalui pemerataan pembangunan antar-wilayah, terutama Kawasan Timur Indonesia.

Maka, Obnas Timau bukan hanya berfungsi untuk penelitian, namun juga berdampak positif dalam pengembangan wilayah setempat, yaitu Kawasan Timur Indonesia. Untuk mempersiapkannya, maka LAPAN menyelenggarakan Seminar Obnas. Kegiatan diselenggarakan pada Hari Rabu, 8 November 2017 Pukul 09.00 WIB di Gedung Indriya Bhuwana, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Jalan LAPAN No. 70 Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Sebagai pembicara kunci, hadir Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. dan Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin.

Seminar ini untuk mengenalkan keberadaan Obnas kepada masyarakat Indonesia. Acara tersebut menjadi kesempatan bagi LAPAN khususnya, untuk memperoleh dukungan dari para pemangku kepentingan. Sehingga, hal ini akan memacu pengembangan iptek dan pembangunan di kawasan tersebut.

Untuk tetap menjaga kelestarian alam, maka disusun konsep perencanaan jangka panjang di dalam pembangunan Obnas. LAPAN bersinergi dengan berbagai pihak dalam upaya pembangunan kawasan wisata baru. Wilayah sekitar Obnas juga dikembangkan sebagai kawasan Taman Nasional Langit Gelap (National Dark Sky Park). Ini akan menjadi kawasan wisata khas yang menarik wisatawan, untuk menikmati keindahan alam dan langit di malam hari.


Jakarta, 31 Oktober 2017








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL