Kompetensi Utama

Layanan


Penginderaan Jarak Jauh Bisa Digunakan Tingkatkan Ekonomi
Penulis : Puthut Ami Luhur /SMNetwork /CN40 • Media : suaramerdeka.com • 31 Oct 2017 • Dibaca : 11798 x ,

SEMARANG, suaramerdeka.com- Untuk meningkatkan hasil riset dan publikasi ilmiah, Universitas Diponegoro (Undip) menggandeng kerja sama dengan masyarakat remote sensing dan menggelar The 3rd International Conference of Indonesia Society for Remote Sensing 2017 PIT MAPIN XXIV. Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Inovasi Undip, Ambariyanto menyatakan, kegiatan ini mengundang banyak pembicara asing yang membagi hasil-hasil riset mutakhir dari negara mereka. Dengan demikian, semua mendapat ilmu dan kemudian bisa menjalin kerja sama dengan mereka.

"Kami tidak saja mendapatkan ilmu baru, tetapi juga kesempatan kerja sama dengan pihak yang diundang," kata Ambariyanto, di Hotel Patra Jasa Semarang, Selasa (31/10).

Ada dua program studi di Undip yang sudah menggunakan teknologi hasil riset Remote Sensing, Geologi, dan Oceanografi. Selain juga digunakan bersama pemerintah daerah, baik kabupaten/kota maupun provinsi, di antaranya untuk mengukur luasan abrasi pantai di Kota Semarang.

Sementara Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Dr M Rokhis Khomarudin MSi menyatakan, remote sensing atau penginderaan jauh bisa digunakan untuk pemetaan dan sebenarnya bisa digunakan untuk hal lain. Lembaganya, sambungnya, sudah menggunakan untuk identifikasi sumber daya alam, lingkungan, dan mitigasi bencana.

"Dengan remote sensing kita bisa dengan cepat melihat bagaimana perubahan suatu lahan di suatu daerah. Bahkan sudah digunakan untuk peningkatan ekonomi. Misalnya kalau mempunyai satelit penginderaan satelit jarak jauh resolusi tinggi, pajak bumi dan bangunan misalnya bisa dilihat pertumbuhannya," tutur Rokhis.

Pajak perkebunan juga bisa melihat potensinya. Satelit penginderaan jauh sangat bermanfaat untuk peningkatan potensi pajak. Lapan juga memiliki informasi zona potensi penangkapan ikan, di mana nelayan sudah tidak lagi mencari ikan, tetapi menangkap ikan, koordinat sudah tahu dari data satelit sudah bisa dimonitor.





Sumber : http://www.suaramerdeka.com/news/detail/5524/Penginderaan-Jarak-Jauh-Bisa-Digunakan-Tingkatkan-Ekonomi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL