Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Gandeng LSA- LSPR Gelar Pelatihan Kehumasan
Penulis : Win • Media : jakrev.com • 04 Nov 2017 • Dibaca : 1715 x ,

Jakarta Review, Jakarta – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerja sama dengan London School Academy (LSA), London School of Public Relations (LSPR) menyelenggarakan pelatihan kehumasan di Ruang Antariksa, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta. Kegiatan yang berlangsung tanggal 23-27 Oktober 2017 ini diikuti oleh para pejabat fungsional pranata humas dan pelaksana layanan informasi di seluruh satuan kerja (satker) LAPAN.

Menurut Kepala Bagian Humas LAPAN, Ir. Jasyanto,MM, kegiatan tersebut sangat penting bagi seluruh karyawan yang bekerja di bidang kehumasan. Mengingat, LAPAN sebagai lembaga riset wajib memasyarakatkan hasil litbangnya kepada publik.

Untuk kedua kalinya, LAPAN menggandeng LSA-LSPR dalam memberikan pembekalan ilmu dan wawasan kehumasan. “Mudah-mudahan ini bersifat kontinu. Sehingga akan menjadi program yang rutin untuk memberikan penyegaran dalam menangkap arus informasi yang bergerak cepat,” imbuhnya.

“Sarana ini juga untuk menjalin komunikasi yang intens Bagian Humas dengan para pelaksana layanan informasi di seluruh satker. Sebab mereka sebagai kepanjangan tangan layanan informasi dengan pimpinan di satker masing-masing,” ujarnya. Harapannya, tidak ada lagi jurang komunikasi antar satker sehingga bisa mendukung visi dan misi lembaga.

Direktur Program LSA-LSPR, Elke Alexandrina, MSc. mengungkapkan, sangat penting untuk memahami adanya jurang komunikasi di antara karyawan di dalam satu institusi atau perusahaan. Sebab, hal tersebut menjadi salah satu penyebab terhambatnya komunikasi yang efektif. Dengan mempelajari tipe generasi, menurutnya, bisa mengurangi adanya konflik kepentingan. “Lihatlah persamaan dari setiap tipe, bukan menerima stereotype suatu generasi. Namun hargai cara pandang yang berbeda!” jelasnya.

Saat ini, LAPAN mempunyai program besar, salah satunya peningkatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB). Untuk mencapai program ini, salah satu strateginya yaitu peningkatan layanan informasi untuk publik. Untuk meningkatkan layanan kepada publik, butuh kapasitas sumber daya manusia yang berkualitas. Jasyanto menjelaskan, dengan pelatihan secara rutin, tenaga kehumasan siap berkiprah menggerakkan saluran komunikasi secara efektif dan efisien.

Pada pelatihan ini, peserta memperoleh penyegaran singkat fungsi dan peran Humas. Materi teknis yang diperoleh antara lain menulis naskah siaran pers dan strategi dalam menjalin relasi dengan media, serta pengelolaan media internal. Para pembicara mengajak keterlibatan peserta untuk aktif melalui berbagai diskusi dan pelatihan.

Mereka juga dikenalkan tentang cara melakukan komunikasi yang baik dan benar dengan mengenal berbagai tipe perilaku komunikasi. Kegiatan lainnya yaitu berlatih secara berkelompok menjadi tim redaksi dalam menyusun newsletter, buletin, dan pembuatan brosur.

Peserta juga mendapat kesempatan berkunjung ke PT. Adaro, sebuah perusahaan pertambangan batubara terbesar nomor empat di dunia. Para pelaksana bidang kehumasan LAPAN melakukan tukar pikiran tentang manajemen dalam mengelola program-program kehumasan secara profesional.


Sumber : http://jakrev.com/nasional/didaktika/lapan-gandeng-lsa-lspr-gelar-pelatihan-kehumasan/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL