Kompetensi Utama

Layanan


Pelajar SMA Yapis Belajar Ilmu Penginderaan Jauh di LAPAN Biak
Penulis Berita : Humas/Wawan • Fotografer : Humas/Pino • 07 Nov 2017 • Dibaca : 76255 x ,

Guru dan Pelajar SMA Yapis Biak berfoto bersama Kepala LAPAN Biak saat kegiatan kunjungan pada Selasa (07/11) di Kantor LAPAN Biak, Papua

Selasa (07/11), Balai Kendali Satelit, Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, dan Penginderaan Jauh (LAPAN Biak) menerima kunjungan pelajar SMA Yayasan Pendidikan Islam ( YAPIS ) Biak. Kunjungan tersebut diselenggarakan untuk menggali informasi terkait kegiatan edukasi yang dilakukan para siswa kelas XII Jurusan IPS. Mereka ingin memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh (inderaja) dan sistem informasi geografi.

Para pelajar ini disambut dengan paparan di Gedung Education Center. Mereka dijelaskan dengan dijelaskan presentasi tentang profil LAPAN oleh Kepala LAPAN Biak, Marwoto. Ia menjelaskan, LAPAN memiliki beberapa pusat penelitian dan balai yang tersebar di seluruh Indonesia. Fokus penelitian di setiap lokasi fasilitas tersebut berbeda-beda bidangnya. Tentu saja lokasi tersebut menyajikan produk dan fasilitas riset yang berbeda pula.

Selanjutnya, secara teknis materi mengenai pengenalan aplikasi inderaja disampaikan Peneliti bidang penginderaan jauh, Eko. Ia mengenalkan kepada para pelajar tentang proses pengolahan data satelit inderaja, serta konsep, jenis, dan pemanfatan data tersebut. Untuk memperlihatkan contoh hasilnya, ia menyajikan beberapa contoh citra satelit inderaja yang telah dimanfaatkan hasilnya untuk mendukung berbagai sektor pembangunan nasional.

Pihak sekolah berharap, kegiatan ini bakal menambah wawasan dan memancing rasa keingintahuan para pelajar terhadap iptek keantariksaan, terutama lingkup riset yang dilakukan LAPAN. Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan ke stasiun yang ada LAPAN Biak untuk melihat peralatan dan proses penelitian yang berlangsung di sana.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL