Kompetensi Utama

Layanan


Banyak Negara Langsung Minati Pesawat Nurtanio
Penulis : Adhi M Daryono • Media : mediaindonesia.com • 10 Nov 2017 • Dibaca : 3306 x ,

SEUSAi resmi diberi nama 'Nurtanio' oleh Presiden Joko Widodo, pesawat N219 langsung diminati banyak negara. Salah satunya yang serius hendak membeli adalah pemerintah Meksiko.

Selain Meksiko, Tenaga Ahli Pengembangan Pesawat Terbang PTDI, Andi Alisjahbana menyebutkan, banyak negara yang tertarik dengan produk hasil kerja sama antara PTDI dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tersebut.

"Dari luar tapi bukan kayak negara Eropa atau Amerika, melainkan negara-negara Afrika, Asia, seperti Vietnam, Laos dan Myanmar juga tertarik," kata Andi di, Jakarta, Jumat (10/11).

Dia mengaku, perancangan pesawat N219 Nurtanio ini memang bukan semata-mata hanya untuk pertunjukan, melainkan bisa diproduksi secara massal dan digunakan oleh masyarakat.

Meski banyak peminatnya, Andi mengaku, PTDI belum menawarkan ke banyak negara. Dia mengaku, saat ini lebih ditawarkan di dalam negeri. "Kalau saat ini memang saat ini belum kami tawarkan karena kita lebih fokus dalam negeri saja, untuk Indonesia dulu," papar dia.

Namun, Andi mengungkapkan, penjualan secara komersial bisa dilakukan pada 2019 setelah protipe pesawat N219 mendapatkan type certificate (TC) dari Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPP) Kementerian Perhubungan setelah mampu terbang selama 300 jam.

"Kita belum bisa kasih harga tepatnya berapa. Kita baru bisa jual mungkin 2019 sesudah dapat sertifikasi. Kalau belum dapat sertifikat belum bisa jual," pungkas dia.

Sementara itu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberikan apresiasi kepada PTDI) serta LAPAN yang bekerja sama dalam membangun Pesawat N219. Karya anak bangsa ini akan digunakan untuk moda transportasi penyambung tol laut guna mengangkut logistik dan penumpang yang tinggal di daerah pedalaman.

"Pengembangan pesawat ini sejalan dengan program pemerintah yang tertuang dalam Nawacita," kata Airlangga.

Pengembangan prototipe pesawat N-219 dimulai pada 2013 dan saat ini sedang menjalani beberapa test uji kelaikan untuk mendapatkan TC.

Sebelumnya, Menteri Airlangga menjelaskan, industri penerbangan dalam negeri terus berkembang dan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Hal itu diindikasikan dengan kenaikan jumlah lalu lintas udara, baik penumpang maupun untuk arus barang.

"Pertumbuhan jumlah penumpang udara domestik meningkat rata-rata 15% per tahun selama 10 tahun terakhir, sedangkan jumlah penumpang udara internasional hingga naik sekitar 8% dan Indonesia adalah merupakan negara terbesar ke-3 di Asia dalam pembelian pesawat udara setelah Tiongkok dan India," tuturnya. (X-12)


Sumber : http://mediaindonesia.com/news/read/131489/banyak-negara-langsung-minati-pesawat-nurtanio/2017-11-10








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL