Kompetensi Utama

Layanan


Kunjungan Kerja, Anggota Komisi VII DPR RI Apresiasi Peran LAPAN dalam Pembangunan Nasional
Penulis Berita : Humas/Dri • Fotografer : Humas/Dri • 11 Nov 2017 • Dibaca : 4927 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti mendampingi Anggota Komisi VII DPR RI, KH Nawafie Saleh, saat kunjungan kerja di Kantor LAPAN Pekayon, Jakarta.

Anggota Komisi VII DPR RI, KH. Nawafie Saleh melakukan kunjungan kerja di Kedeputian Penginderaan Jauh, Kantor LAPAN Pekayon, Jakarta, Jum’at (10/11). Kunjungannya disambut Deputi Bidang Penginderaan Jauh (Deinderaja), Dr. Orbita Roswintiarti. Hadir dalam kunjungan tersebut, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, dan jajarannya.

Bertempat di Ruang Rapat Deinderaja, Orbita memaparkan tugas dan fungsi kedeputian yang dipimpinnya. Kedeputian bidang penginderaan Jauh menaungi Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, dan Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare.

Orbita juga menyampaikan, LAPAN memiliki 7 (tujuh) Program Utama, 2 (dua) di antaranya menjadi program utamanya. Pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BPDJN) menjadikan LAPAN sebagai bank datanya untuk penginderaan jauh (citra satelit) secara nasional. Sedangkan program satunya, Sistem Pemantauan Bumi Nasional (SPBN). Sistem ini untuk memanfaatkan data citra satelit yang sudah diolah, guna menghasilkan informasi untuk pemantauan sumber daya alam dan lingkungan serta mitigasi bencana. Seluruh data citra satelit dan pemanfaatannya bisa digunakan oleh pengguna, baik dari Kementerian/Lembaga, Perguruan Tinggi, TNI/Polri, masyarakat ilmiah, pihak swasta, dll.

LAPAN menerima berbagai macam data citra satelit mulai dari resolusi rendah, menengah, tinggi, dan sangat tinggi. Contoh dari hasil yang LAPAN olah adalah Peta Citra. Selain itu, LAPAN juga melakukan pembinaan kepada pemerintah daerah untuk pemanfaatan potensi daerah yang dimilikinya, baik melalui bimbingan teknis atau sosialisasi. Saat ini, LAPAN sudah melakukan kerja sama dengan 30 Provinsi terkait sistem pemantauan bumi provinsi. Setelah 34 provinsi terpenuhi, sistem pemantauan bumi provinsi ini akan dikembangkan menjadi cikal bakal SPBN.

Dalam sambutannya, Nawafie menyampaikan, “Dalam masa reses, kami diberikan waktu 5 hari untuk melakukan kunjungan ke daerah-daerah. Dari hasil kunjungan ini dan berdasarkan materi yang disampaikan, LAPAN mempunyai tugas yang amat berat berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013." Sebab, terkait penginderaan jauh, merupakan data yang amat sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah untuk pengembangan potensi daerahnya. "Pemanfaatannya pun sudah banyak digunakan oleh Kementerian/Lembaga. Maka dalam sidang nanti akan kami sampaikan peran LAPAN,” ujarnya.

Pada akhir kunjungan, Nafawie meninjau fasilitas yang ada di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh. Sebagai kenang-kenangan, Deinderaja menyerahkan Mozaik Peta Citra dan Data Informasi Kabupaten Bogor.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL