Kompetensi Utama

Layanan


Indonesia-India Selenggarakan JCM ke-4, LAPAN-JAXA Tandatangani Perjanjian Kerja Sama
Penulis Berita : Humas/Leo • Fotografer : Humas/Leo • 20 Nov 2017 • Dibaca : 12303 x ,

Ka Pusfatja LAPAN, Dr. M. Rokhis Khomarudin dan Dirjen Space Technology Directorate I JAXA, Mr. Yasuhiro Funo menandatangani naskah PKS, disaksikan Kepala LAPAN dan Presiden JAXA

Tanggal 14 - 15 November 2017, Delegasi Joint Committee Meeting (JCM) ke-4 tentang Kerja Sama Keantariksaan di Bengaluru, India.

Pertemuan hari pertama berlangsung di Mission Operations Complex (MOX)-1 Conference Hall, Kantor ISRO Telemetry, Tracking, and Command Network (ISTRAC)/Indian Space Research Organization (ISRO). Agendanya membahas status 5 (lima) naskah kerja sama yang masih tertunda pembahasannya. Materi tersebut antara lain mengenai pengalihan kepemilikan stasiun Telemetry, Tracking, and Command (TTC) Biak, Augmentasi stasiun TTC dalam rangka kerja sama penginderaan jauh ASEAN-India, dan pemasangan stasiun mobile untuk mendukung sistem satelit navigasi India. Pertemuan dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas MOX-2 dan Indian Deep Space Network (IDSN).

Pertemuan hari kedua berlangsung di Sheraton Hotel, Bengaluru. Di tempat ini didiskusikan topik-topik umum kerja sama yang menarik bagi kedua pihak. Pertemuan ditutup dengan kesimpulan kesepahaman dan finalisasi notulen rapat. Delegasi Indonesia diketuai oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, beranggotakan tim Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum dan tim Direktorat Asia Selatan dan Tengah, Kementerian Luar Negeri RI.

JCM ke-4 antara Indonesia dan India diselenggarakan bersamaan dengan 24th Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF-24). Di sela-sela kesibukan working group APRSAF, Delegasi Indonesia dan Jepang menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara LAPAN dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) tentang aplikasi data satelit ALOS-2.

Inti kerja sama ini adalah pemanfaatan produk standar dan ScanSAR ALOS-2 untuk mendukung kegiatan riset dan program pembangunan di Indonesia. Naskah PKS ditandatangani oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. M. Rokhis Khomarudin dan Dirjen Space Technology Directorate I JAXA, Mr. Yasuhiro Funo, disaksikan Kepala LAPAN dan Presiden JAXA.


Foto bersama Delegasi Indonesia dan India dalam kegiatan Joint Committee Meeting (JCM) ke-4 yang berlangsung di Bengaluru, India.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL