Kompetensi Utama

Layanan


Seminar Nasional Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri
Penulis Berita : Humas/DH • Fotografer : Humas/DH • 23 Nov 2017 • Dibaca : 6516 x ,

Foto bersama peserta Seminar Nasional Sains Antariksa yang berlangsung di Kantor LAPAN Bandung, Rabu (22/11)

Rabu (22/11), LAPAN menyelenggarakan Seminar Nasional Sains Antariksa di Kantor Pusat Sains Antariksa, LAPAN Bandung. Kegiatan ini mengusung tema “Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri”.

Hadir sebagai pembicara utama, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Dr. Dhani Herdiwijaya (Pakar Astronomi ITB), Dr. Trismidianto (Peneliti Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer), Dr. Techn. Dudy Darmawan. (Pakar Geodesi ITB), serta Jehnuias L. Tanesib (Ahli Fisika UNDANA).

Dalam sambutannya, Kepala LAPAN mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Hari Keantariksaan yang diperingati setiap tanggal 6 Agustus dan peringatan ulang tahun LAPAN ke-54 pada tanggal 27 November 2017.

“Dalam rentang waktu itu, LAPAN mengisi dengan berbagai kegiatan edukasi publik seperti Malam Langit gelap, 6 Agustus. Kemudian ia menjelaskan berbagai kegiatan seperti lomba muatan roket dan kompetisi balon atmosfer pada bulan Oktober. Beberapa rangkaian seminar di lingkungan LAPAN juga diselenggarakan,” ujarnya. Ia juga menambahkan, sains antariksa saat ini menjadi bagian dari kemajuan dunia yang mendukung pengembangan teknologi antariksa.

Beberapa materi yang dibahas antara lain “Tantangan Sains Teknologi Fisika Matahari dan Cuaca Antariksa dalam Perspektif Observatorium Nasional Timau” oleh Dhani Herdiwijaya. Peneliti LAPAN, Trismidianto menerangkan “Kopling Antara Atmosfer Dan Antariksa”. Sedangkan Dudy Darmawan menjelaskan “Peluang Pemanfaatan Informasi Lapisan Ionosfer dalam Bidang Geomatika”. Terakhir, Jehunias Leonidas memaparkan “Penelitian Geofisika terkait Persiapan Observatorium Nasional”.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari peneliti di berbagai lembaga/Instansi pemerintah, serta dosen dan mahasiswa dari berbagai universitas maupun sekolah tinggi.

Mereka membahas topik tentang astronomi dan astrofisika, dinamika lingkungan antariksa, dampak cuaca antariksa terhadap lingkungan bumi, cuaca antariksa untuk telekomunikasi dan navigasi, interaksi antariksa-atmosfer, interaksi magnetosfer-ionosfer-litosfer, pengembangan sistem dan teknologi pemantauan antariksa-atmosfer, pemodelan dan aplikasi sains antariksa, serta sistem informasi dan pengelolaan data sains.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL