Kompetensi Utama

Layanan


Kepala LAPAN Resmikan Gedung untuk Media Edukasi Keantariksaan
Penulis Berita : Humas/Rz-Yudho • Fotografer : Humas/Yudho • 22 Nov 2017 • Dibaca : 4592 x ,

Foto Bersama Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin beserta jajaran usai rangkaian peresmian Gedung Antariksa II di Kantor LAPAN Sumedang, Rabu (22/11).

Rabu (22/11), Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin meresmikan Gedung Antariksa II di Kantor Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (LAPAN Sumedang), Jawa Barat. Gedung ini dibangun untuk media edukasi keantariksaan generasi muda. Konsepnya terbuka untuk umum sebagai sarana pembelajaran iptek keantariksaan.

LAPAN Sumedang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan LAPAN. Keberadaannya bukan sekadar lokasi yang digunakan untuk riset di bidang sains, namun juga diharapkan memberikan dampak dan kontribusi yang nyata bagi masyarakat sekitar.

Hal tersebut disampaikan Kepala LAPAN, saat memberikan sambutan pada rangkaian seremonial ini. Ia mengatakan, “Melalui edukasi dan informasi publik yang dilakukan setiap UPT, diharapkan masyarakat sekitar dapat berpartisipasi dan mendapatkan pengetahuan tentang dunia penelitian dan pengembangan di bidang teknologi penerbangan dan antariksa di Indonesia. “

Gedung ini dibangun mengingat kondisi sebelumnya, di mana jumlah pengunjung ke LAPAN Sumedang semakin lama semakin meningkat. Rata-rata adalah siswa dan guru dari tingkat SD sampai SMA, serta mahasiswa dan dosen dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Ia juga mengatakan, gedung tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan operasional, baik pengamatan, akuisisi, perekaman, pengolahan, dan pengelolaan data (lingkungan, cuaca, dan iklim). Data dan informasi tersebut sangat bermanfaat untuk mendukung berbagai kegiatan penelitian dan pengamatan antariksa dan atmosfer. Sistem peralatan yang beroperasi pada fasilitas ini yaitu untuk pengamatan optic matahari, radio matahari, medan magnet bumi, lapisan ionosfer, dan cuaca atau meteorologi.

Kepala LAPAN Sumedang, Aries kurniawan menyampaikan, “Gedung Antariksa II dapat dimanfaatkan sebagai ruang pembelajaran bagi publik. Karena di gedung inilah, nantinya, akan ada galeri LAPAN yang menampilkan berbagai informasi dan produk litbang LAPAN.” Selain itu, gedung tersebut juga akan dimanfaatkan untuk penyimpanan arsip dan tempat pengamatan lapisan ionosfer.

Turut hadir, dalam acara peresmian, Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmofer, Afif Budiyono, Kepala Pusat Teknologi Roket, Kepala Pusat Sains Antariksa dan Atmosfer, serta perwakilan masyarakat setempat dari Koramil, Polsek, serta tokoh masyarakat.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL