Kompetensi Utama

Layanan


Kerja Sama, LAPAN Dukung Pembangunan Kota Jambi
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/EN • 25 Nov 2017 • Dibaca : 10969 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN menyerahkan citra satelit Kota Jambi kepada Walikota Jambi.

LAPAN dan Pemerintah Kota Jambi menandatangani perjanjian kerja sama di kantor LAPAN, Pasar rebo, Jakarta, Jumat (24/11). Kerja sama kedua instansi terkait Penyediaan dan Pemanfaatan Data dan Teknologi Penginderaan Jauh guna Mendukung Pembangunan Kota Jambi. Naskah ditandatangani oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, dan Walikota Jambi, Dr. H. Syarif Fasha. Penandatanganan tersebut berlangsung pada penutupan bimbingan teknik pengolahan dan pemanfaatan data citra satelit penginderaan jauh untuk pemetaan wilayah Kota Jambi.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini yaitu termasuk penyediaan dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh dan sistem informasi geografis untuk mendukung pembangunan Kota Jambi. Selain itu, juga untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia di kedua instansi. 

Dalam sambutannya, Orbita mengatakan bahwa LAPAN berkomitmen untuk menyediakan data satelit penginderaan jauh beresolusi tinggi dengan lisensi Pemerintah Indonesia. Komitmen ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2012 dan Undang-undang Nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan. Dengan demikian, data satelit resolusi tinggi dengan resolusi spasial di bawah empat meter akan disediakan oleh LAPAN dan diberikan kepada kementerian, lembaga, TNI, POLRI, dan pemerintah daerah. Data resolusi tinggi yang dapat diakusisi dari stasiun bumi LAPAN adalah data satelit SPOT-6/7 dengan resolusi spasial 1,5 meter. Sedangkan data resolusi sangat tinggi lainnya (resolusi spasial 0,5 meter) seperti Pleiades, WorldView-2/3, GeoEye-1 dan Quick Bird disediakan LAPAN melalui pembelian data untuk mencukupi kebutuhan nasional.

Untuk pemenuhan kebutuhan data penginderaan jauh resolusi menengah, LAPAN juga mengakusisi data satelit Landsat-8 dengan resolusi spasial 15 meter. Sementara itu, untuk data satelit resolusi rendah LAPAN menerima data antara lain satelit Terra/Aqua MODIS dan Himawari-8. Data tersebut juga telah diolah untuk menghasilkan informasi yang dapat diperoleh di website LAPAN. Contoh informasi yang dihasilkan yaitu titik api atau kebakaran hutan, Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), lahan baku sawah dan fase pertumbuhan padi, deforestasi, serta informasi untuk mendukung penanggulangan kebencanaan.

Sementara itu, Syarif Fasha mengatakan bahwa sistem informasi geografis merupakan salah satu faktor yang cukup penting dan mampu memberikan data yang signifikan untuk mengatasi berbagai persoalan pemerintah daerah. Data citra satelit penginderaan jauh memiliki kemampuan untuk menjadi data dan informasi yang terstruktur. Ia melanjutkan, Kota Jambi merupakan satu dari 25 kota yang terpilih dalam program nasional 100 smart city. Untuk itu, Kota Jambi memperkuat penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Kota Jambi juga berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam pengembangan ilmu sistem informasi geografis untuk mendukung pembangunan daerah di masa depan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL