Kompetensi Utama

Layanan


PEMKOT JAMBI MENGGANDENG LAPAN TINGKATKAN PERENCANAAN PERKOTAAN
Penulis : Redaksi • Media : fokusjambi.com • 27 Nov 2017 • Dibaca : 10676 x ,

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk meningkatkan kualitas perencanaan wilayah perkotaan dalam konsep kota pintar (smart city).

"Melalui kemitraan strategis dengan LAPAN tersebut dapat bermanfaat bagi perkembangan kualitas perencanaan di Kota Jambi," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin.

Sebagai langkah awal implementasi kerjasama strategis itu, Pemkot Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Distarum mengirim 20 aparatur sipil negara untuk mengikuti pelatihan dalam pengolahan dan penginderaan jarak jauh, untuk pemetaan wilayah Kota Jambi.

Selain mengirimkan jajarannya, Pemkot Jambi juga melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama yang langsung dilakukan oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama Deputi Penginderaan Jauh LAPAN Orbita Roswintiarti.

Menurut Fasha, kerja sama tersebut dinilai penting untuk peningkatan perencanaan pembangunan Kota Jambi ke depannya.
Saat ini Kota Jambi sedang menunjukkan progress kualitas perencanaan kota berbasis kota pintar dengan memanfaatkan teknologi dan informasi, sehingga kerja sama ini penting.

Sebagai salah satu bagian dari perencanaan konsep kota pintar di Kota Jambi tersebut, saat ini telah mengimplementasikan pemanfaatan GIS (Geographic Information System) untuk meningkatkan kualitas analisa dan perencanaan perkotaan.

"Pemanfaatan GIS ini untuk mengoptimalkan kualitas perencanaan, potensi wilayah dan juga berbagai hal yang terkait dengan spasial, data dan informasi perkotaan," ujar Fasha.

Dalam kerja sama itu, pihak LAPAN juga menyerahkan peta digital penginderaan jauh satelit Kota Jambi dan kawasan perkantoran Balai Kota Jambi. Sebelumnya Kota Jambi ditetapkan sebagai salah satu dari 25 kota percontohan yang terpilih dalam pengimplementasian konsep kota pintar di Indonesia.

Konsep "smart city" merupakan sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya dengan efisien dan memberikan informasi tepat kepada masyarakat atau lembaga yang berbasis dengan teknologi.



Sumber : http://fokusjambi.com/post/detail/pemkot-jambi-menggandeng-lapan-tingkatkan-perencanaan-perkotaan.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL