Kompetensi Utama

Layanan


Diluncurkan Siswa SMA, Belasan Roket Melesat di Langit Pameungpeuk Garut
Penulis : Redaksi • Media : kabariku.com • 04 Dec 2017 • Dibaca : 2640 x ,

KABARIKU.Com – BELASAN roket melesat membelah langit Cilauteureun, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (3/12/2017).

Tapi, roket-roket itu bukan untuk menghancurkan pertahanan musuh yang mengancam kedaulatan negara, melainkan diluncurkan oleh puluhan siswa perwakilan dari 15 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada Jabar Selatan.

Mereka (para siswa SMA/sederajat) sedang bersaing dalam lomba roket air yang diselenggarakan oleh Balai LAPAN Garut dalam rangka memeriahkan HUT LAPAN ke-54.

Ada 30 kelompok yang terlibat dalam kompetisi yang digelar di di Landasan Peluncuran Roket, LAPAN Garut tersebut. Setiap kelompok terdiri dari 3-5 siswa. Tiap kelompok diperbolehkan mengikuti lomba roket air balistik maupun separasi.

Kepala Balai LAPAN Garut, Rahadyan Lingga Laksita sangat mendukung acara tersebut. Ia berpesan agar setiap siswa berkompetisi secara jujur dan menjunjung tinggi sportivitas.

Hal senada diungkapkan oleh Lasinta Ari Nendra Wibawa, Ketua Panitia Lomba Roket Air.

“Menang dan kalah adalah hal yang biasa dalam setiap kompetisi atau lomba. Hanya saja, tim yang terbaik adalah tim yang menunjukkan kemampuan terbaik dan menghargai apa pun hasil akhirnya,” katanya.

Sementara itu, dewan juri lomba roket air terdiri dari 3 orang, yaitu Yudi Haryanto, Lasinta Ari Nendra Wibawa, dan Sumpena. Sumpena merupakan Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Cikelet, Garut.

Penilaian roket air balistik didasarkan pada jarak jangkau terjauh pada lintasan yang telah disediakan. Sedangkan penilaian roket air separasi berdasarkan pada lama waktu roket di udara. Desain roket pun menjadi penilaian. Roket terbaik adalah yang memiliki desain menarik dan rapi.

Adapun yang menjadi juara lomba roket air balistik berturut-turut dari Juara 1 hingga Juara 3 yaitu: SMKN 2 Garut (Kelompok 1), SMA Plus Persis Pameungpeuk (Kelompok 2), SMKN 5 Garut (Kelompok 1).

Sedangkan lomba roket air separasi berturut-turut dari Juara 1 hingga Juara 3 yaitu: MAN 3 Garut (Kelompok 2), SMKN 2 Garut (Kelompok 1), dan MA Mardliyah Pameungpeuk (Kelompok 1).

Sementara juara desain roket terbaik dimenangkan oleh SMKN 9 Garut (Kelompok 1).

Para pemenang lomba roket air balistik dan separasi selain mendapatkan tropi dan piagam penghargaan, juga mendapatkan bingkisan hadiah. Adapun hadiah dari Juara 1 hingga Juara 3 lomba roket air balistik dan separasi berturut-turut yaitu netbook, printer, dan DVD portable. Sedangkan juara desain terbaik mendapatkan hadiah kamera digital.

Saat menutup acara, Lasita mengatakan,”Kemajuan tidak diukur dari saat sekarang ini, melainkan sejauh mana kita akan melangkahkan kaki ke depannya. Semoga apa yang menjadi mimpi kita untuk menjadi juara kelak dapat tertulis di kamus peristiwa hari esok.”

Lasinta mengungkapkan hal itu untuk memberikan motivasi bagi siswa-siswa yang belum beruntung menjadi juara.

Acara yang dibuka pukul 08.00 WIB tersebut ditutup pada pukul 16.00 WIB.

Tumbuhkan minat keantariksaan

Teknologi roket merupakan teknologi yang rumit dan rigid dengan aturan. Tak sembarang negara juga bisa menguasai teknologi yang sensitif ini. Di sisi lain, butuh SDM yang cakap dan serius untuk mengembangkannya. Terkait hal itu, LAPAN Garut cukup getol melakukan sosialisasi tentang teknologi roket kepada para pelajar Garut dan sekitarnya untuk mendorong minat generasi muda agar mencintai ilmu keantariksaan.

Agustus lalu misalnya, anak-anak SMKN 2 Garut berkesempatan mendapatkan sosialisasi dari LAPAN Garut mengenai teknologi roket air. Berkat bimbingan LAPAN, para siswa SMKN 2 Garut pun kini terampil membuat roket bertenaga air tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kepala Sub Bagian Edukasi Publik, Happy Rumiris menyampaikan, LAPAN menjadi satu-satunya badan antariksa nasional dengan empat kompetensi utama terkait riset keantariksaan.

Untuk menyebarluaskan informasi pengetahuan bidang keantariksaan, lnjut Happy, LAPAN juga menyelenggarakan kegiatan semacam seminar, simposium, momentum perayaan hari besar nasional dan internasional terkait bidang keantariksaan, dan sebagainya. Sedangkan untuk menambah wawasan generasi muda, LAPAN juga membuka diri menerima kunjungan pejar ke beberpa lokasi PKL/magang.

Bahkan menurut Happy, LAPAN siap memberikan pembekalan seperti training dan pelatihan untuk mempersiapkan kompetisi sampai ke tingkat Asia Psifik bahkan internasional.




Sumber : https://www.kabariku.com/baca/news/201712-322/diluncurkan-siswa-sma-belasan-roket-melesat-di-langit-pameungpeuk-garut.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL