Kompetensi Utama

Layanan


Sosialisasi Penyediaan Dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh Untuk Mendukung Percepatan Pembangunan Daerah
Penulis : Redaksi • Media : bappeda.kaurkab.go.id • 01 Dec 2017 • Dibaca : 9176 x ,

Bintuhan – Bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (BAPPEDA LITBANG) Kabupaten Kaur Pada hari Rabu (20/11), Bappeda Litbang mengadakan kegiatan Sosialisasi Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh dengan tema "Tentang Penggunaan Lahan Dalam Rangka Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Tahun 2017". Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersentuhan dengan ketahanan pangan yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur. Narasumber untuk kegiatan ini berasal dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jakarta, yakni Muhammad Priyatna, S.Si. M.T.I Kabid Diseminasi LAPAN dan Dr. Dede Dirgahayu Domiri, M.Si seorang Peneliti Madya dari LAPAN.

Pada Kegiatan ini Bpk. H. Nandar Munadi, S.Sos., M.Si. selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur secara resmi membuka langsung acara sosialisasi, dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa didalam sebuah perencanaan yang akan dibuat hendaknya dilandaskan pada data yang dihasilkan dari suatu penelitian atau kajian yang telah dibuat sebelumnya sehingga perencanaan yang dibuat dapat terukur, efisien dan efektif serta langsung menyentuh akar persoalan. "Data satelit penginderaan jauh dari LAPAN mestinya dapat dipergunakan dengan baik oleh setiap OPD didalam membuat sebuah perencanaan, khususnya OPD yang bersentuhan langsung dengan masalah ketahanan pangan. Sehingga program yang dibuat benar-benar bersentuhan dengan ketahanan pangan di masyarakat" Terangnya.

Selain itu dari paparan yang telah diberikan oleh narasumber dari LAPAN tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan penyediaan dan pemanfaatan data Satelit Penginderaan Jauh untuk mendukung Percepatan Pembangunan Daerah dengan mengajak semua OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten kaur khususnya yang berkaitan dengan masalah ketahanan pangan, untuk menggunakan data satelit penginderaan jauh dari LAPAN dalam membuat sebuah perencanaan program. Data penginderaan jauh dari LAPAN ini dapat digunakan untuk memperoleh informasi dan data yang akurat terhadap perkembangan luasan lahan pertanian, area perikanan tangkap dan budidaya dari proses awal sampai dengan masa panen serta bisa mendeteksi kemungkinan - kemungkinan lain yang mungkin dan akan terjadi yang diakibatkan oleh fenomena alam. Diharapkan dengan penggunaan data penginderaan jauh ini kabupaten kaur bisa menjaga dan mempertahankan produksi pangannya agar tetap stabil supaya kebutuhan pangan masyarakat sehari-hari terpenuhi seperti yang diharapkan demi mewujudkan kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan.

Adapun data penginderaan jauh yang disediakan oleh LAPAN adalah data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi Pemerintah Indonesia, metadata atas data satelit penginderaan jauh dengan Standar Nasional Indonesia, dan menyediakan penyimpanan dan pendistribusian data melalui bank data penginderaan jauh nasional. Selain itu LAPAN juga menyediakan pedoman standar untuk pengolahan dan kualitas data, ekstraksi informasi dan klasifikasi penginderaan jauh serta menyediakan pembinaan/bimbingan teknis penggunaan data satelit penginderaan jauh.





Sumber : https://bappeda.kaurkab.go.id/index.php/40-sosi-nderaja








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL