Kompetensi Utama

Layanan


Kemenristekdikti Tetapkan PUI pada Tiga Satker dan Bina Dua Satker LAPAN
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Dok. LAPAN • 13 Dec 2017 • Dibaca : 11430 x ,

Para penerima penghargaan dalam Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2017 berfoto bersama

Tiga satuan kerja di LAPAN ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Tahun 2017 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Ketiganya adalah Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja), Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata), dan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA). Sementara, Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) dan Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) menjadi PUI binaan 2018-2020. Penetapan PUI tersebut diumumkan pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Tahun 2017 di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (13/12).

Penghargaan diserahkan Menristekdikti, Mohamad Nasir kepada 64 lembaga. Mereka adalah lembaga litbang, perusahaan, dan pemerintah daerah. Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Pusfatja, Dr. M. Rokhis Khomarudin, Kepala Pustekdata, Dedi Irawadi, dan Kepala PSTA, Halimurahman.

Sedangkan lembaga litbang yang dibina menjadi PUI 2018-2020 dideklarasikan dengan penandatanganan Sertifikat Masterplan Pengembangan PUI. Penandatanganan dilakukan oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Patdono Suwignjo dengan pimpinan lembaga litbang masing-masing. Pimpinan LAPAN yang menandatangani adalah Kepala Pustekbang, Gunawan S. Prabowo dan Kepala Pusteksat, Mujtahid.

Program tersebut digelar sebagai upaya memperkuat keunggulan Indonesia melalui peningkatan kualitas kelembagaan iptek dan dikti. Di mana, diharapkan, peranan iptek dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian nasional. Dengfan adanya PUI, maka lembaga litbang bisa berkontribusi lebih untuk menggerakkan sektor industri barang dan jasa berbasis inovasi, sehingga akan meningkatkan daya saing ekonomi bangsa.

Dengan program pengembangan PUI, lembaga litbang dapat mengusulkan diri agar dibina maksimal tiga tahun untuk menjadi PUI, dikenal dengan istilah Science and Techno Park (STP). Dengan menjadi PUI, pemerintah akan mendorong hasil litbangnya agar dapat dikomersialisasikan.

Penguatan kelembagaan menjadi unsur penting untuk memfasilitasi kegiatan dalam kerangka pembinaan kelembagaan Iptek dan Dikti. Langkah ini akan terus dikembangkan untuk mewujudkan sistem kelembagaan litbang di Indonesia yang menghasilkan lembaga litbang yang unggul, inovatif, dan berdaya saing.

Untuk menciptakannya, Kemenristekdikti terus melibatkan industri untuk bekerja sama dengan lembaga litbang. Kontribusinya untuk menciptakan dan menggunakan produk dan teknologi hasil litbang dalam negeri yang inovatif, efektif, dan efisien. Hal tersebut dapat memperkuat struktur dan daya saing ekonomi daerah dan nasional. Selanjutnya, Kemenristekdikti akan terus mengembangkan kebijakan riset dan teknologi yang kondusif untuk memajukan iptek dalam upaya peningkatan peradaban dan kesejahteraan masyarakat.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL