Kompetensi Utama

Layanan


Kerjasama LAPAN – Pemprov Banten Dukung Berbagai Sektor Pembangunan Provinsi Banten
Penulis Berita : Humas/AP • Fotografer : Humas/AP • 27 Dec 2017 • Dibaca : 12826 x ,

Kepala LAPAN menyerahkan data citra satelit daerah Banten kepada Wagub Banten

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, bersama dengan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, menandatangani Naskah Kesepakatan Bersama antara LAPAN dengan Pemerintah Provinsi Banten tentang Pemanfaatan Iptek Penerbangan dan Antariksa pada Rabu, (27/12). Penandatanganan tersebut berada dalam rangkaian acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Bapedda Banten di Hotel Horizon Ultima Ratu, Serang, Banten.

Naskah Kesepakatan Bersama tersebut ditandatangani dalam rangka mengoptimalkan sumber daya untuk pembangunan di Provinsi Banten. Dalam hal ini, LAPAN bertindak sebagai penyedia data dan informasi yang akurat dengan memanfaatkan iptek penerbangan dan antariksa. Hal ini diperlukan untuk mendukung berbagai sektor pembangunan, baik pembangunan daerah maupun sumber daya manusia, di Provinsi Banten.

Hazrumy menyatakan dalam pidato pembukaan acara, LAPAN akan membantu dalam meningkatkan potensi provinsi Banten seperti dalam konsep tata ruang, potensi penangkapan ikan, dan lainnya. Ia berharap potensi-potensi Provinsi Banten yang masih belum terkelola dengan baik dapat ditingkatkan dengan diadakannya kerja sama ini.

Wagub Banten juga mengungkapkan, kaitan program utama LAPAN dengan pengembangan daerah Provinsi Banten adalah bahwa LAPAN tidak hanya akan menyuplai data penginderaan jauh untuk tata ruang saja, namun dapat dimanfaatkan dalam perikanan, “Paradigma yang ada sekarang bahwa nelayan di Banten melaut untuk ‘mencari’ ikan, sekarang nelayan dibantu dengan ZPPI yang dimiliki LAPAN harus mengubah paradigma menjadi nelayan melaut untuk ‘menangkap’ ikan”, ujarnya.

Dalam kesempatan kali ini, Kepala LAPAN dalam paparannya secara khusus membahas mengenai Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh dalam Pengelolaan Sumberdaya Maritim dan Pertanian. Pertama ia menjelaskan mengenai 7 Program Utama LAPAN yaitu pengembangan teknologi satelit, pengembangan teknologi aeronautika (pesawat transport dan sistem pemantauan berbasis pesawat tanpa awak), pengembangan teknologi roket, pengembangan bank data penginderaan jauh, pengembangan sistem pemantau bumi nasional, pengembangan sistem pemantauan sistem pendukung keputusan dinamika atmosfer equator dan pengembangan sistem pendukung keputusan cuaca antarika, serta pengembangan observatorium nasional. Ia memberi contoh secara komprehensif atas setiap program seperti dalam pengembangan teknologi satelit. Teknologi yang dimiliki satelit-satelit LAPAN contohnya adalah AIS di LAPAN A3 yang dapat mendeteksi illegal fishing.

Dalam acara ini juga dipaparkan materi mengenai Rancangan Awal RKPD Provinsi Banten tahun 2019 oleh Kepala Bapedda Provinsi Banten, Hudaya; Reaktivasi Kereta Api dan Dukungan Pembangunan Bandara Banten Selatan oleh Perwakilan Kemenhub; Dukungan Peningkatan Produksi Kelautan dan Perikanan di Provinsi Banten oleh Perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan; Percepatan Proyek Strategis Nasional dan Pembangunan Jalan Nasional di Provinsi Banten Tahun 2019 oleh Perwakilan Kementerian PUPR; Pokok-pokok Pikiran DPRD untuk RKPD Tahun 2019 oleh Ketua DPRD Provinsi Banten; serta yang terakhir adalah Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Kemaritiman oleh Prof. Dr. Ir. Fauzi, M.Sc dari Institut Pertanian Bogor.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL