Kompetensi Utama

Layanan


Gandeng Lapan, Pemprov Optimalkan Satelit Eksplor SDA Banten
Penulis : Ahmad Hifni • Media : newsmedia.co.id • 28 Dec 2017 • Dibaca : 9403 x ,

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten optimistis dapat mengeksplorasi sumber daya alam (SDA) yang ada di Banten melalui jaringan satelit yang ada di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy setelah membuka acara Jambore Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di Plaza Aspirasi DPRD Provinsi Banten, Kamis (28/12/2017).

"Selain road map mereka juga menggunakan radar untuk mengembangkan potensi di Banten, mereka dari satelit bisa melihat potensi kewilayahan bahkan resolusi untuk tata ruang bisa dilihat dari alat mereka," kata Andika kepada awak media.

Andika menuturkan, pihaknya telah bekerjasama dengan pihak Lapan untuk hal tersebut, sementara saat ini, dirinya sedang mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan mengelolanya.

"MoU sudah, awal tahun kita akan didik SDM yang dari Banten, karena nanti Lapan hanya memberikan data, dan data itu akan diolah oleh Pemprov Banten, khususnya OPD terkait. Maka perlu kemampuan khusus untuk menganalisa itu," terangnya.

Ia menjelaskan, jaringan satelit tersebut, bisa digunakannya oleh para nelayan untuk menemukan titik berkumpul ikan, sehingga mereka dapat menangkap ikan tersebut dengan mudah.

"Kalau paradigma dulu itu, nelayan pergi ke laut mencari ikan, tapi sekarang kita ubah menjadi nelayan pergi ke laut untuk menangkap ikan, nelayan akan terbantu dengan adanya informasi dari satelit," jelasnya.

Andika juga menegaskan, selain untuk mengeksplorasi sumber daya alam di Banten, jaringan satelit juga akan digunakan untuk semua hal yang berkaitan dengan pembangunan di Banten.

"Semuanya, baik SDA dan tata ruang sekaligus mengecek pabrik yang melakukan reklamasi secara ilegal, pertanian juga bisa diterapkan, contoh, dievaluasi kita, lahan pertanian meningkat, tapi data di Kementerian Pertanian menurun, mudah-mudahan dengan kerjasama ini kita dapat data yang valid," pungkasnya. [ahi]




Sumber : https://newsmedia.co.id/gandeng-lapan-pemprov-optimalkan-satelit-eksplor-sda-banten/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL