Kompetensi Utama

Layanan


Rakernas Ristekdikti: Optimis, Pesawat Nurtanio Bangkitkan Industri Penerbangan Indonesia
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : Humas/Sgd • 19 Jan 2018 • Dibaca : 11494 x ,

Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN memaparkan mengenai pesawat Nurtanio.

Aura kebanggaan dan optimisme dari para peserta terasa saat di Gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara, Medan, Rabu (17/1). Hal ini terjadi saat Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, Rika Andiarti memaparkan perkembangan Pesawat Transport Nasional N219 yang telah diberi nama oleh Presiden RI, Joko Widodo dengan nama Nurtanio. Tepuk tangan mengiringi pemutaran video proses pembuatan, uji terbang, hingga penamaan N219 Nurtanio oleh Presiden. Rika mengatakan ini merupakan kebangkitan industri penerbangan di Indonesia.

Paparan dari Rika tersebut merupakan rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Rangkaian rapat kerja ini juga termasuk pameran. LAPAN juga turut serta dalam pameran tersebut dengan menampilkan pesawat N219 Nurtanio dan Satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari. 

Dalam Rakernas, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir, memaparkan bahwa tantangan revolusi industri 4.0 (keempat) harus direspon secara cepat dan tepat oleh seluruh pemangku kepentingan di lingkungan Kemenristekdikti. Tujuannya yaitu agar mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di tengah persaingan global. Ia mengatakan bahwa revolusi industri keempat adalah kondisi ketika semua mesin dihubungkan melalui sistem internet atau dikenal dengan cyber

Untuk mengejar ketertinggalan dan mencapai kemajuan, suatu negara sangat bergantung pada tiga faktor. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat menjadi pembicara utama dalam rakernas mengatakan bahwa faktor tersebut yakni pendidikan, kualitas institusi dan kesediaan infrastruktur. Ia melanjutkan, pertemuan ini sangat penting untuk membangun fondasi kemajuan bangsa Indonesia yaitu dengan pengelolaan sumber daya manusia, riset, dan inovasi.

Rakernas diikuti 300 peserta dari berbagai instansi dan perguruan tinggi. Rakernas ini juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimujono. Pada acara ini juga diberikan Penghargaan kepada PTN/Kopertis terkait Kinerja, Program, dan Anggaran 2017 serta Anugerah Humas PTN/Kopertis Tahun 2017.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL