Kompetensi Utama

Layanan


Bisa Lihat Supermoon Dengan Mata Telanjang
Penulis : Redaksi • Media : manadopostonline.com • 29 Jan 2018 • Dibaca : 2581 x ,

MANADO--Tiga hari lagi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT). Peristiwa langka ini, bakal teramati dengan mata telanjang di langit seluruh penjuru Indonesia, termasuk di Sulut.

Warga sudah bisa melihat fase GBT di langit Bumi Nyiur Melambai, mulai pukul 18.51 WITA. Sementara puncak GBT, diprediksi terjadi pukul 21.29 WITA (lihat grafis).

Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin menjelaskan, fenomena GBT kali ini sejatinya bisa dinikmati dengan satu syarat. "Syaratnya hanya cuaca cerah," kata Thomas.

Pria yang bergelar profesor di riset astronomi-astrofisika itu menambahkan fenomena kali ini bisa dipandang tanpa bantuan teleskop sekalipun. Fenomena tersebut menurut Thomas bisa dinikmati seperti bulan purnama. "Teleskop hanya untuk membantu melihat detail permukaan bulan," ujar dia, seperti dilansir CNN Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, gerhana bulan total bisa dinikmati di belahan dunia lain. Amerika Serikat bagian barat seperti Alaska misalnya, adalah salah satu titik yang dapat menikmati fenomena ini secara lengkap.

Gerhana bulan total kali ini punya beberapa sebutan karena terjadi berbarengan dengan fenomena lainnya. Ia disebut Blue Moon karena bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan.

Ia juga berada di fase perige sehingga masuk ke kategori Supermoon, yang artinya posisi bulan berada di posisi terdekat dengan Bumi.(tan)



Sumber : http://manadopostonline.com/read/2018/01/29/Bisa-Lihat-Supermoon-Dengan-Mata-Telanjang/29605








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL