Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Serahkan Data Satelit Penginderaan Jauh ke Pemerintah
Penulis : Rini Friastuti • Media : Kumparan.com • 31 Jan 2018 • Dibaca : 9757 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyerahkan data satelit penginderaan jauh beresolusi tinggi kepada instansi pemerintah. 

Penyerahan sendiri langsung oleh Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin kepada perwakilan instansi pemerintah, di antaranya Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, perwakilan Bappenas, TNI, dan Polri.
Menurut Thomas, citra satelit ini dibutuhkan oleh kementerian atau lembaga seperti Kementan, Kemen PUPR untuk peta sarana pertanian dan detail tata ruang.

"Alhamdulillah mulai tahun lalu kami mulai pengadaan citra satelit beresolusi tinggi direct visiting. Jadi mulai tahun ini kami bisa menerima citra satelit beresolusi sangat tinggi," ujar Thomas dalam sambutannya di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (30/1). 

Dia menjelaskan, LAPAN telah mampu menerima data satelit penginderaan jauh dengan resolusi spasial 50 centimeter. Dengan demikian, data yang dihasilkan sangat detail dan membantu dalam perumusan kebijakan. 

"Dengan Direct Visiting, pencitraan satelit sampai resolusi 50 cm, ditambah data SAR untuk mengatasi masalah awan, nilai data ini luar biasa untuk memberikan data lembaga dan daerah untuk pemantauan sumber daya daerah, lingkungan, dan potensi yang bisa digali," lanjutnya. 

Thomas mengungkapkan, program ini dimulai semenjak keluarnya Inpres Nomor 6 Tahun 2012 dan diperkuat oleh UU Nomor 21 tahun 2013 tentang keantariksaan.

"Program ini berawal ketika Presiden menginstruksikan bahwa penyedia data citra satelit resolusi tinggi itu hanya LAPAN dan kemudian diperkuat oleh UU yang mengamanatkan LAPAN untuk menyediakan citra satelit khususnya yang beresolusi tinggi untuk semua kementerian lembaga dan daerah," kata Thomas. 

Dengan adanya Inpres dan UU itu, biaya pembuatan citra satelit menjadi lebih hemat pembiayaannya, yaitu sekitar Rp 21 miliar. Sementara biaya yang dikeluarkan lembaga atau kementerian lain untuk membuat citra satelit bisa mencapai Rp 7,4 triliun.

"Hampir 30x lipat dari pada anggaran pengadaan citra. Kalau masih diadakan sendiri dengan terpisah, pemborosannya luar biasa. Tapi dengan diintegrasikan di LAPAN, penghematannya luar biasa. Kami upayakan memenuhi dengan efisiensi mulai Inpres, penyediaan citra satelit hanya oleh LAPAN. Ini membuktikan efisiensi luar biasa," pungkasnya.

Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/response/lapan-serahkan-data-satelit-penginderaan-jauh-ke-pemerintah#2T8AUgBSL0H8wUWG.99








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL