Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Serahkan Data Satelit Resolusi Tinggi Dukung Berbagai Kegiatan Pemerintah
Penulis : G. Suranto • Media : infopublik.id • 30 Jan 2018 • Dibaca : 11282 x ,

Jakarta, InfoPublik – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyerahkan data satelit penginderaan jauh bersolusi tinggi untuk mendukung berbagai sektor kegiatan pemerintah, antara lain yang mencakup sektor kehutanan, pertanian, kewilayahan, kelautan, perikanan, pertambangan, keamanan, pajak, pariwisata, dan perencanaan tata ruang.

Penyerahan data tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kerja sama antara LAPAN dan para pemangku kepentingan. Dengan pemanfaatan data satelit, diharapkan dapat mempercepat perencanaan pembangunan nasional. Selain itu, penyerahan data satelit ini juga merupakan implementasi dari UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2012.

Pengadaan citra satelit penginderaan jauh resolusi tinggi secara satu pintu oleh LAPAN akan meningkatkan efisiensi anggaran negara untuk pengadaan citra, dan mencegah terjadinya duplikasi dalam citra penginderaan jauh yang diadakan.

“Dengan dijadikan satu institusi sebagai penyedia data, diharapkan menjadikan kita semua memiliki kesamaan dalam data. Tidak ada lagi sengketa terhadap posisi lokasi tertentu. Karena itu, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dapat menggunakan data ini sebaik-baiknya,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam acara peresmian sistem penerimaan data penginderaan jauh resolusi sangat tinggi, serah terima data, dan Rakernas Data Penginderaan Jauh di Jakarta, Selasa (30/1).

Disebutkan, betapa pentingnya pemanfaatan data dibanding sekedar memiliki datanya, terutama dalam menuju kemandirian dan daya saing lebih. Kerja sama riset pada LPNK, Perguruan Tinggi, maupun Pemerintah Pusat dan Daerah, diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan data dan teknologi ini. Perlu adanya sinergi pada semua lapisan dalam pendayaan data untuk kepentingan nasional.

Dirinya sangat mengapresiasi LAPAN atas beroperasinya sistem penerima data penginderaan jauh resolusi sangat tinggi, yaitu data penginderaan jauh optis dengan resolusi spasial 50 cm dan data SAR yang telah beroperasi sejak akhir tahun 2017.

“Peran riset dan teknologi harus menjadi pemacu kemajuan bangsa. Seluruh program di bidang riset dan teknologi harus mampu menciptakan nilai tambah sumber daya alam dalam rangka transformasi ekonomi nasional menjadi Innovation Driven-Economy,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin dalam kesempatan tersebut menyampaikan, data satelit penginderaan jauh bersolusi tinggi dan sangat tinggi tersebut diberikan kepada 21 kementerian dan lembaga pemerintah, TNI, Polri, 34 pemerintah provinsi, dan 40 pemerintah kebupaten atau kota. Data satelit ini sangat diperlukan untuk kepentingan strategis nasional.

‘Semoga dengan forum ini kita bisa bekerja sama mengoptimalkan citra satelit,” kata Djamaludin menambahkan.

Data Penginderaan Jauh adalah salah satu usaha LAPAN dalam menjalankan visi nya menjadi Pusat Unggulan Iptek Penerbangan dan Antariksa untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri yang mempunyai 7 program utama yaitu Bank Penginderaan Jauh Nasional, Sistem Pemantau Bumi Nasional, Pengembangan Teknologi Ernotika, Pengembangan Teknologi Satelit, Pengembangan Roket Sonda, Sistem Dinamika Afmosfer Equator, Sistem Dinamika Cuaca Antariksa dan Observation Nasional.






Sumber : http://infopublik.id/read/245880/lapan-serahkan-data-satelit-resolusi-tinggi-dukung-berbagai-kegiatan-pemerintah








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL