Kompetensi Utama

Layanan


Proyek Citra Satelit Lapan Rampung, 50 Cm di Atas Tanah Dapat Terlihat
Penulis : Devi • Media : terbaru.biz • 05 Feb 2018 • Dibaca : 9398 x ,

Information penting yang diklaim bisa mewujudkan good goverment terebut diserahkan secara simbolis oleh kepala Lapan Thomas Djamaludin kepada Menteri Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohammad Nasir di Lodge Sari Pan Pacific, Jakarta, Selasa (30/1).

Thomas menjelaskan, Lapan diberi mandat pemerintah untuk menyediakan information citra satelit itu. Pengadaan citra satelit oleh Lapan ini nampaknya bisa menghemat anggaran belanja negara sampai Rp enam triliun lebih. Sementara jikalau pengadaan dilaksanakan masing-masing kementerian atau lembaga, nilainya dapat mencapai Rp tujuh,1 triliun.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin waktu memberikan sambutan di acara Penyerahan Information Satelit Resolusi Sangat Tinggi ke Instansi Pemerintah di Lodge Sari Pan Pa
(Rian Alfianto/JawaPos.com)

“Anggaran untuk pengadaan citra ini hanya memakan dana sebanyak Rp 210 miliar saja. Biaya itu hampir 30 kali lipat jauh lebih terjangkau dibanding dengan biaya pasaran yang sudah ada,” katanya.

“Dengan citra satelit yang terkumpul, kemudian kita distribusikan kepada masing-masing kementerian, lembaga dan instansi dan pemerintah daerah yang membutuhkan information disebutkan,” sambung Thomas.

Berdasarkan dia, pencitraan satelit resolusi tinggi itu bisa menyentuh sampai 50 Cm dari permukaan tanah. Lalu information disebutkan bisa dimanfaatkan untuk berbabagi kepentingan contohnya dalam industri perkebunan, kehutanan, pertanian, kewilayahan, tata ruang, pajak sampai mengantisipasi terebutnya wilayah tapal batas Indonesia yang berada di perbatasan paling luar Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Menristek Dikti Mohamad Nasir mengapresiasi pencapaian yang sudah dilaksanakan Lapan. Menurutnya, information citra satelit ini bisa berfaidah sekali buat wilayah demografis Indonesia dengan predikat negara maritim dan kepulauan.

“Contohnya ya, dalan sektor pertanian. Apabila kami bicara lahan, maka dari itu kami bicara hasil. Dari information yang diperoleh barusan kami dapat menentukan komoditas pertanian apa yang cocok diterapkan dengan wilayah tertentu. Kan tak seluruh bibit cocok ditanam di seluruh tempat. Dari sini (information citra satelit, purple) kami dapat gambarkan. Oh tanah ini seperti apa, cocok untuk tanaman apa,” jelas Nasir.

Senada dengan Nasir, Wakil Ketua Komisi VII Herman Khaeron yang hadir dalam acara disebutkan juga memuji pencapaian Lapan. Menurutnya, Indonesia waktu ini sudah tertinggal jauh dari negara lain dari segi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

“Ini menarik ya, akselerasinya terlihat. Lapan membuktikan perkembangan. Kami dukung terus. Apalagi ini terkait information citra satelit. Ini sangat penting, kami dapat tahu wilayah-wilayah mana yang potensial, yang mesti jaga terkait kedaulatan bangsa,” katanya.







Sumber : http://www.terbaru.biz/proyek-citra-satelit-lapan-rampung-50-cm-di-atas-tanah-dapat-terlihat-2/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL